Dorongan

Kita harus punya sikap dan skill untuk memberikan dorongan dan kata-kata hangat bagi orang lain.

Terlalu sering kita mengembangkan kemampuan mengkritik. menyalahkan. Terlalu sering kita mampu melihat sisi buruk dari seseorang, dan menunjukkannya. Terlalu sering kita mampu melihat kekurangan dan keburukan.

Kritikan itu memang bisa mengubah orang menjadi lebih baik. Tapi jarang lho. Dan ugly. Orang yang sering mengkritik itu terlihat ugly, tidak cantik. Tidak atraktif.

Orang masih lebih berubah karena dorongan yang hangat, bukan kritikan.

Saya bisa masuk dalam kelas, mengomeli mahasiswa dan membuat daftar semua kekurangan mereka. Apa hasilnya? Saya berani bertaruh, bukannya mereka kemudian menyimak dan memperbaiki diri, mereka jadi sebal dan defensif. Sebaliknya, kalau saya tidak henti-hentinya mendorong dan memberikan feedback positif, mereka menjadi semakin semangat memperbaiki diri. bukan karena takut, tapi karena semangat.

Jadi kita perlu belajar selalu bisa mendorong orang untuk kebaikan. Dengan kehangatan dan apresiasi.

Sebaliknya, saya sendiri juga belajar untuk tidak mengkritik diri sendiri. Tidak menyalahkan diri sendiri. Saya belajar untuk melihat sisi baik dari diri sendiri, dan mendorong saya untuk bisa semakin baik lagi.

Jadi, mari kita berhenti mengkritik dan mencela. Sebaliknya kita belajar untk selalu mendorong dan menyemangati orang lain. Dan diri sendiri.


  1. setuju sekali pak Armien, manusia diciptakan memiliki dua telinga dan satu mulut, artinya manusia diminta lebih banyak mendengar daripada berbicara dalam hal ini mengkritik..

    kritik penting tapi tidak boleh berlebihan, kalau berlebihan malah membuat seseorang pengkritik menjadi seorang yang sinis.. apalagi kalau yang dikritik juga mengkritik balik, jadilah satu dengan yang lain menjadi sinis.. hanya mengakibatkan ‘downgrade’ bukan ‘upgrade’ ke kondisi yang lebih baik,

    saya akui memberikan dorongan yang hangat tidaklah mudah, perlu jam terbang dan pengalaman dalam berinteraksi dengan orang lain, dan tentu saja kebijaksanaan yang hanya bisa diperoleh dari pengalaman hidup..

    bagus sekali artikelnya pak, inspiring🙂

  2. Dorongan untuk berbuat positif lebih berhasil dibanding kritikan…




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: