Rumah Keraton

Kalau anda ingin hidup seperti raja, gampang. Anda tinggal memperlakukan isteri seperti ratu. Anak-anak seperti pangeran dan princess. Maka rumah anda menjadi keraton. Istana.

Di Jawa, rumah paling bagus adalah Keraton. Istana tempat keluarga raja tinggal. Dari akar katanya, keraton berarti ke-ratu-an. Tempat tinggal ratu. Tempat permaisuri. Istri raja.

Rumah anda bisa tumbuh menjadi keraton, kalau anda memperlakukan istri anda seperti ratu. Ratu penguasa dan pengatur rumah-tangga. Menata rumah menjadi keraton.

Dan ratu itu harus dihormati. Harus dihargai. Harus disayang. Harus dikenakan pakaian indah. Harus diberi mahkota.

Dan anak-anak harus diperlakukan seperti pangeran dan putri raja. Dilatih. Dididik. Diajarkan bertanggungjawab layaknya putera mahkota. Dibekali dengan ilmu kehidupan. Dan dicintai seperti biji mata.

Nah kalau rumah anda sudah tertata rapi menjadi keraton, istri anda menjadi ratu, anak-anak menjadi pangeran dan princess, maka jadi deh anda seorang raja…

Selamat bertahta…

Advertisements

  1. Suami/Bapak memang seorang kepala keluarga yang memimpin sebuah keluarga. Tapi kalau sudah urusan rumah, oh beda, yang pegang adalah Ibu. Ibu lah yang memiliki “insting” rumah yang kuat 😀 .Contoh, saat bapak ingin mengadakan suatu acara di rumahnya, pasti selalu tanya kepada ibu nya dulu. Kalo ibu bilang tidak, ya tidak bisa 😀

  2. terimakasih tulisannya, sangat informatif




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: