Jabatan

Kegagalan dua wakil menteri untuk dilantik saja sempat membuat berita headlines. Kita ini memang terobsesi dengan jabatan.

Jabatan itu menjadi seperti status, titel. Saat SBY hendak mengumumkan kabinet, semua menahan nafas. Pada ingin menjadi menteri. Begitu ada yang batal, langsung heboh. Menangis. Orang kembali menahan nafas saat SBY mengumumkan adanya jabatan wakil menteri. Dan begitu ada yang batal dilantik, heboh lagi.

Saya kira jabatan itu sebenarnya amanat. Itu tugas untuk kepentingan orang banyak. Apalagi jabatan hasil penunjukan. Itu dimaksudkan untuk membantu orang yang menunjuk. Jadi itu tugas berat. Tidak selalu menyenangkan. Apalagi kalau sosok itu tidak punya jiwa pengabdian dan jiwa kepemimpinan. Jabatan itu akan menjadi siksaan. Terlebih pada mereka yang dilayani oleh pejabat itu.

Mengapa orang masih terobsesi? Mungkin karena adanya kuasa, uang, atau pengaruh yang bisa diperoleh. Atau kita merasa istimewa, karena banyak yang ingin, tapi kita yang terpilih.

Kedua motivasi ini sebenarnya tidak baik. Karena ini jadinya soal diri kita, bukan mereka yang dilayani.

Jadi, jabatan itu sebenarnya mulia. Itu baik. Yang diperlukan adalah sikap dari kita yang menjabat. Bahwa kita sepadan dengan kemuliaan jabatan itu. Kita mengembangkan diri agar memiliki know-how, kemampuan yang memadai untuk menjalankan amanat.

Daripada terobsesi dengan jabatan, jauh lebih baik kita terobsesi dengan kebaikan mereka yang dilayani jabatan itu, dan terobsesi demgan peningkatan kemampuan agar bisa menjadi pejabat yang sukses menjalankan tugas itu.


  1. Betul pak..jabatan itu amanah….yang sangat berat buat yang menerimanya




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: