Inovasi Mobil Mungil di India

Saat semua orang bilang tidak bisa, Tata meluncurkan Tata Nano, mobil kecil untuk keluarga India seharga Rp 25 juta. Sekarang semua perusahaan mobil berlomba membuat mobil mungil untuk pasar India.

Pemilik perusahaan Tata terenyuh melihat keluarga India, suami istri dan anak-anak, harus berboncengan di sepeda motor, menyabung nyawa di jalan raya. Alat transportasi bukan saja kebutuhan sehari-hari, tapi juga merupakan status kemajuan keluarga. Maka dia bertekad membuat mobil yang bisa dijual seharga sepeda motor. Rp 25 juta per unit.

Para pembuat mobil bilang itu tidak mungkin. Tapi tahun lalu, Tata berhasil meluncurkan Tata Nano, mobil mungil seperti Suzuki Estillo, dengan harga sesuai target itu. Ini hasil karya kejeniusan insinyur industri mobil India. Dan laku keras di pasar India.

Maka sekarang perusahaan besar seperti Toyota, Nissan, dan Honda pun berlomba untuk masuk ke pasar mobil mungil. Mereka menyusul pemain lama, seperti Suzuki, Hyundai, dan Tata. Toyota membuat sedan IQ. Nissan akan meluncurkan produksi mobil mungil di bulan Mei 2010. Dan Honda tidak ketinggalan dengan mobil seharga kurang dari Rp 90 juta.

Semua itu ditrigger oleh visi industrialis seperti Tata. Industri yang bukan saja berusaha untuk mendominasi pasar, tetapi mendasarinya pada memenuhi impian keluarga India.

Saya pikir-pikir bagaimana sih cara membangun industri Indonesia? Tentu peran pemerintah sangat penting. Tapi yang terpenting itu adalah visi industrialis, para pelaku industri, yang mampu membaca impian orang Indonesia, impian keluarga Indonesia, dan berusaha keras berinovasi mewujudkannya dengan harga yang terjangkau.


  1. Saya ingat teman saya pulang dari Jerman. Sampai di Indonesia memperlihatkan desain mobil buatannya. Dia bilang dia punya modal untuk membuat industri mobil di Indonesia. Aku kagum semangatnya. Tapi dia tidak merealisasikan niatnya. Entah kenapa? Padahal desain sudah ada dan modal ada.

    • selain teori juga harus berpengalaman mempraktekannya

  2. Di tempat saya yang terkenal Smart ForTwo. Kecil banget lho.
    Tapi kalo harga mah tetep Tata Nano paling murah. Keren ya bisa 25 juta rupiah.

  3. saya ingin sekali pny mobil mungil,,, tp blum ada di indonesia

  4. saya harap indonesia bisa bikin mobil mungil seperti india, kalo bisa harganya bisa lebih murah. saya tunggu lunchingnya




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: