Takut mencoba?

Anda takut mencoba sesuatu? Mari kita belajar mengatasinya sehingga tahun 2010 menjadi tahun berani mencoba apapun.

Ada banyak rasa takut yang menghalangi kita melakukan sesuatu. Mulai dari takut terjun payung, pindah kerja, memulai usaha baru, mengambil keputusan drastis, menegur orang lain yang seenaknya, sampai pada menyapa dan berkenalan dengan si dia.

Rasa takut ini datang membuat kita lumpuh. Kita tidak berani melakukan apa yang menyenangkan kita, apa yang membuat masa depan kita lebih cerah, apa yang membuat keadaan lebih baik. Kita menjaga status quo diri kita.

Seringkali kita menjadi jengkel dan marah pada diri sendiri. Menanggap diri kita penakut. Tidak beres.

Sebenarnya diri kita itu beres-beres saja. Tidak ada yang salah dalam diri anda. Otak kita sedang melindungi kita dari kemungkinan dipermalukan kalau gagal. Otak kita sedang melindungi kita dari potensi rasa sakit, pain, terhadap kegagalan. Rasa takut itu adalah upaya otak untuk menjaga kita.

Ada perlindungan yang memang dibutuhkan, karena ancaman nya nyata. Dalam berkendaraan di jalan rasa takut celaka saat berkendaraan di dekat jurang itu membuat kita selamat. Taruhannya nyawa.

Tapi semua rasa takut yang saya sebutkan di atas itu tidak mengancam nyawa kita. Bahkan ancaman itu sering hanya berupa perasaan gagal. Perasaan kalah. Perasaan malu. Perasaan kecewa. Perasaan kehilangan sesuatu.

Dan itu semua hanyalah perasaan. Emosi. Sesuatu yang anda bisa latih untuk menjadi tidak menakutkan. Tidak ada pengaruh negatif apa-apa. Bahkan itu bisa menjadi peluang belajar untuk tambah pintar.

Dengan menyadari hal ini, maka kita bisa melatih diri kita untuk selalu berani mencoba hal yang baru.

Ingat bahwa berani mengambil resiko kehilangan sesuatu itu memang membuat kita gamang sebentar. Goyah sebentar. Tetapi alternatifnya tidak menarik. Takut bertindak mencoba itu membuat kita kehilangan jati diri kita, kebahagiaan kita, selama-lamanya.

Oleh sebab itu jadikan rasa takut itu sebagai getaran thrill, getaran yang mengasikkan, yang membuat sesuatu yang kita kejar itu berharga. Karena hidup yang sebenarnya itu adalah bertualang dalam misteri ilahi.

Selamat mencoba…

Advertisements

  1. mungkin rasa takut yang dimaksud di atas adalah rasa takut keluar dari “Comfort Zone”. Daripada memilih untuk melakukan sesuatu yang memiliki resiko, lebih baik tinggal aman di Comfort Zone.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: