Beautiful Mind

Konon kecantikan sejati datang dari dalam. Bagaimana caranya?  Dengan memiliki pikiran yang indah. Beautiful mind.

Ada tragedi begini: orang bisa saja tampil cantik. Dandanan keren.  Atraktif. Sepanjang dia tidak buka mulut, tapinya… Begitu buka mulut, keluar aslinya. Membuat orang tidak betah. Pengen menjauh. Repelling.

Sebaliknya ada orang biasa-biasa saja. Bahkan mungkin postur tubuhnya di bawah rata-rata. Bentuk wajahnya tidak seperti bintang film. Tapi orang senang berinteraksi dengannya. Berada di dekatnya itu menyenangkan. Bikin kita betah.

Penyebabnya adalah ada daya pancar magnet psikologis yang muncul dari kepribadian. Dari pikiran seseorang. Dari hatinya. Dari personality nya.

Dan seperti magnet, ada yang tarik menarik dan ada yang tolak-menolak.

Nah pikiran yang membuat kita tertarik itu adalah pikiran yang cantik, pikiran yang indah, beautiful mind.

Pikiran yang indah dan menarik itu pada dasarnya memiliki kelembutan dan penuh ekspresi cinta. Ia bisa setuju atau tidak setuju dengan orang lain dalam kelembutan. Ia humoris dan penuh pengetahuan hal yang penting sehingga menarik hati. Ia tidak iri, dengki, sombong, kasar, vulgar, pemarah, mau menang sendiri. Sebaliknya, ia pemaaf, mudah mengampuni, dan sanggup tertawa. Beautiful minds never try to win arguments.

Bagaimana kita bisa mendapatkan pikiran yang indah?

Memang kita bisa ke “salon pikiran”, memoles pikiran kita agar menjadi indah. Melatih diri agar bisa punya hati yang baik. Itu cara yang baik.  Tetapi ada resiko itu hanyalah kosemetika hati. Artinya basa-basi seperti sopan santun. Kita menahan diri, berkata-kata yang manis, untuk menyenangkan orang lain.

Tapi kalau personalitas asli kita tidak begitu, maka kita capek. Begitu kena hujan masalah, maka kosmetik batin kita luntur. Meleleh belepotan. Maka kita akan tampak jelek, bahkan lebih jelek dari aslinya.

Jadi lebih bagus lagi kalau kita bertekad mau memiliki kepribadian yang indah sebagai komitmen dan jati diri. Bukan untuk menarik orang lain. Tapi karena menjadi jati diri, sesuatu yang kita anggap luhur, yang layak untuk diperjuangkan. Bukan saja belajar kata-kata yang manis agar memberi kesan menghargai orang, tetapi kita benar-benar menghargai orang sebagai makhluk mulia ciptaanNya. Jauh di lubuk hati kita, kita menyayangi orang lain.

Maka kecantikan pikiran kita alamiah. Seperti saat kita melihat gunung yang indah, pantai yang indah, bunga yang indah.  Selalu indah, bahkan saat datang panas terik, mendung, atau hujan kehidupan. Sebagaimana gunung tambah romantis saat tertutup kabut, atau pantai tambah cerah biru bening saat terik menerpa, dan bunga tambah berkilau terkena butiran air hujan, demikian juga kecantikan hati itu tambah menarik saat diterpa kesusahan kehidupan.

Dan kecantikan alamiah itu selalu cantik. Mau dilihat orang lain atau tidak, tidak penting.

Kalau anda belum punya komitmen untuk tahun 2010, coba rekomendasi saya: To be beautiful with beautiful mind


  1. Pak, ada film tuh yang berjudul “Beautiful Mind”, pernah nonton nggak?

  2. Beautiful mind..inner beauty…
    Kecantikan wajah, penampilan, itu tak bertahan lama..yang bertahan adalah kecantikan hati, senang menolong, pintar komunikasi sehingga setiap orang yang diajak ngobrol senang…

  3. Wonderful, I thought this post was going to be something on mathematics…🙂

  4. Belum lama ini seorang sahabat membuat blog baru, yang juga dijuduli Beautiful Mind: yessipratiwi.com

  5. mungkin yang bapak maksud karakter vs kepribadian.

    Kalau digambarkan, bagian luar adalah kepribadian, bagian dalam adalah karakter.

    Bagian luar, bisa dilihat langsung oleh orang, tapi bagian dalam, tidak.

    Bagian dalam (karakter) baru terlihat apabila bagian luar (kepribadian) terkoyak oleh “panah masalah & tekanan” yang datang bertubi-tubi.

    Dengan hal itulah, baru karakter yang akan muncul.

  6. Tulisan yang inspiratif.
    Tahun 2010 saya berkomitmen untuk berpikir yang indah-indah. Maksudnya menjadi optimis.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: