Marco

Marco lagi senang hari ini. Dia ulang tahun dan mendapat banyak kado. Mungkin dia tidak sadar, Marco sudah menjadi kado terbesar bagi keluarga kami.

Ketika dokter bilang kami akan punya bayi lagi, kami cuma terbelalak. Wah, yang bener? Dan kami harus banyak berdoa. Karena kehamilan di usia seperti kami saat itu punya banyak resiko. Jadi kami banyak berdoa.

Dan doa kami di jawab. Lebih dari yang kami minta.

Marco lahir sepuluh tahun lalu, 20 Desember 1999, di RS Borromeus Bandung. Saya tidak lupa akan kerasnya suara tangisan Marco saat lahir. Begitu merdu di kuping saya. Begitu sukacita. Dan tidak pernah berhenti sampai hari ini.

Boleh dibilang, tanpa Marco keluarga kami pasti tidak seperti ini. Dia bisa menjadi sumber keceriaan di rumah. Rasanya tidak ada hari tanpa ada sesuatu yang harus diurus tentang Marco. Tanpa Marco, suasana rumah sepi.

Sekarang Marco sudah kelas 4 SD. Badannya sudah besar dan tinggi. Hampir menyusul Ina. Saya bersyukur bisa melihat Marco, dan kakak-kakaknya, tumbuh besar.

Sekarang Marco sedang duduk di depan semua kado nya. Bernyanyi kecil sambil memainkan kadonya.  Kami semua sudah berkumpul, lengkap. Ditambah kerabat-kerabat lain. Semua asik mengobrol sana sini. Merayakan kehidupan Marco.

Sore ini saya akan ke bandara Cengkareng untuk malam ini terbang ke Jayapura. Jauh dari rumah, melintasi begitu banyak pulau dan lautan. Kami akan masuk pelosok Papua, memasang rural ICT dan digital learning di sekolah-sekolah. It is going to be very difficult. Tapi tidak masalah, karena setiap saya mengunjungi SD di Papua saya bisa melihat wajah Marco di mana-mana.

He has been among the best gifts for us


  1. Selamat ya pak….tapi mana fotonya Marco, kok nggak dipajang disini?

  2. inspirasi

    selamat ultah😀

  3. Selamat Ultah ya😀




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: