Accounting

Jadi anda tidak mau miskin tapi tidak mau korupsi?  Anda butuh skill pembukuan keuangan. Satu skill yang semua orang harus pelajari adalah accounting. Pembukuan keuangan.
Hari ini saya baru saja menyelesaikan pembukuan dari seluruh data keuangan saya tahun 2009, baik dana pribadi maupun dana riset. Saya memasukkan semua data keuangan saya ke dalam program GnuCash untk mendapatkan gambaran situasi keuangan saya. Saya lakukan entry satu persatu, dari semua sumber dalam pengelolaan saya.

Ini memang sudah menjadi kebiasaan saya sejak dulu. Sejak saya masih mahasiswa.
Di tahun 1981, saya menjadi mahasiswa di ITB, jauh dari orang tua. Keuangan orang tua saya tidak begitu berlimpah, sehingga mereka hanya bisa memberikan sejumlah uang bulanan yang sangat terbatas. Maka saya harus membuat budget, dan mengendalikan pengeluarannya. Saya melakukannya bertahun-tahun sampai saya lulus.

Saat saya menikah dan berkeluarga, saya mempraktekkan pengendalian keuangan dengan hati-hati. Setelah melakukan pem-budget-an dasar, saya melakukan pencatatan keuangan yang cukup ketat. Saya bahkan sengaja membeli program/software Microsof Money untuk mengelola keuangan kami.

Kemudian saya memastikan membuka berbagai rekening bank untuk mengatur aliran uang. Uang masuk selalu melalui satu rekening. Uang keluar ada di rekening yang berbeda. Uang untuk belanja sehari-hari ada di rekening lain, yang dipegang Ina. Uang untuk tabungan jangka panjang dan investasi ada di rekening-rekening yang lain lagi. Total kami mengoperasikan sekitar tujuh-delapan rekening aktif, di empat bank berbeda.

Berkat pengelolaan pembukuan ini, keluarga kami selamat dari masalah keuangan. Kami bisa punya rumah, kendaraan, serta bisa membiayai anak-anak sekolah. Bagi sepasang pegawai negeri sipil dan ibu rumah tangga dengan empat anak, itu semua tidak dimungkinkan tanpa kemampuan pembukuan.

Uang itu sangat penting dalam kehidupan modern. Dan, bagi kami, uang itu adalah berkat Tuhan. Jadi kita harus hati-hati menggunakannya. Kita tidak boleh asal-asalan. Diperlukan pengetahuan dan skill yang cukup untuk bisa bertanggungjawab mengelolanya.

Saya suatu saat memutuskan untuk menguasai seluk-beluk pengelolaan uang. Saya pernah menjadi bendahara organisasi, dan menangani sendiri pembukuannya. Saya belajar istilah-istilah akunting. dan sekarang saya sudah cukup mengerti konsep double entry dari general ledger. Masih banyak memang konsep yang saya perlu pelajari, tapi saya pikir saya sudah cukup mengerti dasar-dasarnya dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan.

Banyak teman-teman saya tidak serius mempelajari konsep pengelolaan keuangan. Buat mereka, itu bukan bidangnya. Itu urusan pegawai. Urusan akuntan. Urusan bendahara. orang berusaha menghindar tugas ini. Kalaupun akhirnya menjadi bendahara, tugas ini dianggap beban, dan dikerjakan asal-asalan. Minimalis.

Saya pikir pendapat dan sikap seperti ini sangat keliru. Pengelolaan keuangan adalah skill yang wajib kita kuasai. Wajib kita latih. Ini suatu skill yang jangan pernah anda percayakan pada orang lain. Karena ini yang membuat anda bisa hidup terhormat, tidak membebani orang lain.

Terlepas apa omongan orang, saya masih tetap yakin hidup kaya itu jauh lebih menyenangkan ketimbang hidup miskin. Kelebihan uang masih lebih menyenangkan ketimbang kekurangan uang. Oleh sebab itu, pastikan anda punya skill yang cukup untuk mengelola pembukuan keuangan anda.


  1. Makasih artikelnya pak. Saya lagi cari freeware money management ini, ms money dan quicken cukup mahal versi ori nya (maklum susah cari bajakan di sini).

  2. Bagaimanapun, kita memang harus bisa mengelola keuangan rumah tangga, sehingga tak ada kejutan.
    Dalam setahun kedepan, kita bisa memperkirakan kapan pengeluaran lebih besar dibanding bulan2 sebelumnya, karena waktunya membayar uang sekolah, asuransi rumah/mobil, perpanjangan STNK/BPKB, bahkan untuk liburan pun harus dianggarkan. Tanpa itu, kita akan kehilangan arah…terutama bagi saya dan suami yang hanya mengandalkan dari gaji bulanan.

    Dengan membuat perencanaan yang matang, maka setiap kali kita mendapat bonus atau uang diluar gaji tetap (mis honor mengajar dsb nya)…uang ini harus ditabung pada rekening tersendiri, di luar rekening untuk operasional bulanan.

  1. 1 Catatan Keuangan & Tutorial AceMoney Lite « Mikha Valerint

    […] belakangan ini saya belum punya lagi catatan keuangan. Tapi, saat blogwalking, saya membaca ini: Accounting. Tidak ada salahnya mulai mencatat keuangan lagi. Hanya saja, apabila memakai Microsoft Excel […]




Leave a Reply

