Desember, Kerja Apa?

Jangan kerja di bulan Desember. Desember itu bulan tutup buku, evaluasi, dan merencanakan karya tahun depan.

Kita terlalu sibuk sampai lupa hari, lupa bulan. Ternyata sudah bulan Desember. Tahun 2009 akan berakhir. Tahun 2010 akan datang.

Saya pikir sebaiknya kita berhenti bekerja. Minimal berhenti melakukan hal-hal biasa. Bulan ini harus diperlakukan tidak biasa.

Misalnya, ini kesempatan kita tutup buku keuangan. Kita mendata semua uang keluar masuk selama setahun.  Kita cek hutang dan kewajiban kita. Kita lihat piutang yang perlu ditagih. Apalagi sebentar lagi kita harus bayar pajak. Kita ingin supaya tidak overpay, sehingga rugi, atau underpay dan dikejar petugas pajak. Kemudian, ini bulan kita bersyukur atas profit yang diperoleh sepanjang tahun.

Bulan Desember juga adalah bulan evaluasi. Apa yang jalan, apa yang tidak. Dan kita belajar dari situ. Mana yang harus kita tinggalkan dan lupakan. Mana yang harus kita pelihara dan kembangkan. Siapa yang hubungan dengannya kita ingin bina lebih baik. Siapa yang, well…, we should try to forget and avoid.

Kemudian yang terpenting, karya apa yang hendak kita luncurkan 2010?  Inovasi apa? Surprise apa? Hits apa?

You see, bulan Desember ini bulan yang asik, khusus, dan istimewa. Di bulan ini, kita bereskan semua tahun ini dan siapkan yang asik-asik untuk tahun depan.  Sehingga nanti di tanggal 31 Desember, kita bisa say goodbye ke tahun 2009 dengan hati penuh syukur dan haru, dan menyambut 2010 dengan excited.

Jadi di bulan Desember ini, jangan sibuk-sibuk. Mari berhenti bekerja….:-)


  1. tapi biasanya pekerjaan banyak yang datang di desember..

  2. Bulan November-Desember banyak instansi berlomba menghabiskan anggaran dengan melaksanakan seminar dan kegiatan lainnya di hotel bahkan ada yg sampai menginap di luar kota. Alasannya kalau anggaran tidak terserap dianggap tidak perform, lalu tahun depan anggarannya diturunkan …

  3. tapi kalo kuliah di ITB, akhir bulan desember libur natal, tapi pas masuk kuliah lagi langsung UTS.😀 Jadi kurang bisa santai menikmati desember ini😀




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: