Keindahan Misteri

Hidup itu jauh lebih menarik bila terus ada misteri. Kesalahan kita selama ini adalah terus merasionalkan segala sesuatu.

Ledakan ilmu pengetahuan tiga abad terakhir ini membuat orang sangat mengagungkan rasio. Nalar. Semua harus dijelaskan. dan semua harus masuk akal. Kita sangat gelisah apabila sesuatu itu tidak well defined, well understood, mengikuti nalar. Knowledge. Karena melalui knowledge ini kita bisa mencapai tujuan kita.

Roger Martin, seorang dosen dari University of Toronto, mengajarkan bahwa ada tiga tahap membangun pengetahuan yang bernilai: (1) misteri, (2) heuristik, dan (3) algoritma.  Pengetahuan yang bernilai adalah pengetahuan mengenai cara mencapai tujuan kita. Kita selalu mulai dari misteri yang rumit dan kompleks, kemudian kita membangun metafora atau model heuristik supaya lebih sederhana. Model yang kita pilih adalah model yang valid. Artinya mencapai tujuan kita. Apabila model kita itu ternyata juga andal, reliable, artinya berlaku di mana saja dan kapan saja, maka kita bisa membuatnya menjadi algoritma. Algoritma adalah strategi yang bisa dieksekusi oleh siapa saja, bahkan komputer, dan akan menghasilkan apa yang kita tuju itu.

Martin mengambil contoh restoran McD. Pendirinya berhadapan dengan misteri: bagaimana bisa laku memberi makan burger pada jutaan orang dan tetap mendapatkan untung. Ini misteri, karena ia tidak tahu burger macam apa yang harus dibuat. Berapa besarnya. Berapa harganya. Bagaimana cara membuatnya. Bagaimana cara menjangkau jutaan orang. Ini semua adalah misteri.

Apa solusi terbaik dari misteri ini? Tidak ada yang tahu, karena persoalan ini terlalu kompleks, dan tidak bisa disurvey.  Tapi bila kita tidak harus mencari yang “terbaik”, dan cukup mencari yang “baik” (valid: mencapai tujuan), maka persoalannya jadi lain. Kita mendesain, bukan mensurvey. Maka dimodelkan jenis burger dengan rasa tertentu, desain restoran, kompor untuk masak, dan proses memasak yang bisa menghasilkan burger yang disukai banyak orang. Model ini adalah heuristik. Hasil desain. Bukan hasil survey.

Sekarang, bagaimana cara mencapai jutaan pelanggan di seluruh dunia?  Maka dibuatlah algoritma dari seluruh proses memasak, melayani pelanggan, dan bisnis franchise. Algoritma ini sangat rasional dan sangat presisi. Tidak ada ruang untuk perbedaan. Semua harus tepat. Seragam. Seperti pabrik, atau mesin. Algoritma ini, bila diterapkan di manapun, akan menghasilkan burger yang sama, proses menjual yang sama. Algoritma ini reliable, dapat diandalkan.

Maka melalui keberhasilan memperoleh (tepatnya: mendesain) pengetahuan yang lengkap, dari misteri, heuristik, sampai ke algoritma, McD mampu mencetak penghasilan tahunan labih dari USD 22 milyar tahun ini.

Persoalannya, begitu tiba di level algoritma, segala sesuatu jadi mekanistis. Tidak lagi exciting. Berulang. Dumb. Dan karena algortima bisa sangat kaku, maka suatu saat ini bisa dengan telak dikalahkan oleh suatu pendekatan baru. Seperti dinasourus. Obsolet.

Jadi bayangkan, betapa tidak menariknya dunia ini bila segala sesuatu sudah diketahui. Has been figured out. Tidak ada surprises. Tidak ada tantangan. Tidak ada lagi keindahan hidup.

Maka kita harus kembali kepada misteri. Sumber inspirasi dan sumber kekayaan ada pada misteri. Dan kita ingin hidup ini adalah misteri yang tidak pernah habis. Tidak pernah bisa dimengerti secara tuntas. Begitu kita punya pengertian baru, hidup memberikan misteri yang baru lagi, sehingga pengertian kita itu obsolet.

Oleh sebab itu, keindahan hidup ada pada kemampuan kita melihat misteri hidup. Kemampuan kita mengapresiasi ketidak tahuan kita. Kemampuan kita untuk menjadi bergairah menghadapi ketidak pastian hidup.

Jangan pernah mau me-rasonalisasi hidup. Membuat semuanya kaku, rigid, figured out, seperti doktrin. Itu akan membuat hidup anda berjalan seperti algoritma komputer.

Maksimal yang kita buat adalah heuristik, metafora, model, hasil desain kita. Yang setiap saat bisa kita buang, scrap, perbaiki, ganti baru. Inipun hasil desain kita, bukan apa kata orang.

Kata saya, yang terbaik adalah setiap hari memandang misteri kehidupan, kagum akan kompleksitasnya, dan bersyukur pada Tuhan karenanya.

Misteri, yang mendebarkan, penuh kejutan dan surprises. Dan penuh pengharapan akan solusi yang lebih baik. Sumber peluang dan kemungkinan baru….




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: