10,000 Hours

Dalam buku Outliers, Malcolm Gladwell menyarankan agar kita melatih diri sekurang-kurangnya 10,000 jam untuk menjadi ahli dalam suatu bidang.

Gladwell ingin bilang bahwa untuk sukses, bakat itu tidak lebih penting dari kesempatan. Kesempatan apa? Kesempatan untuk melakukan suatu hal secara terus-menerus selama minimal 10,000 jam.

Gladwell mengumpulkan data dari orang sukses, mulai dari Bill Gates, sampai the Beatles. Dan ia menemukan hal yang sama. Mereka semua menghabiskan waktu latihan selama 10,000 jam sebelum tiba di tingkat dunia.

Bill Gates semasa usia SMA dan tingkat satu menghabiskan waktunya di depan komputer. Rupanya SMA nya punya visi yang luar biasa. Di tahun 1968 mereka membeli sebuah komputer dengan terminal. Maka Bill Gates bisa menggunakannya siang malam. Begitu 10,000 jam Bill Gates menjadi sangat ahli.

The Beatles juga begitu. Mereka dikontrak main di sebuah bar di Hamburg 7 jam sehari, 7 hari seminggu, bertahun-tahun. Begitu mencapai 10,000 jam mereka menjadi sangat bagus.

Saya pikir, ide Gladwell ini sangat penting. Kalau anda ingin sukses di suatu bidang, suatu profesi, maka anda perlu melakukan profesi itu, mempraktekkannya, minimal 10,000 jam

Apa artinya?

Artinya kalau setiap hari anda menghabiskan 8 jam per hari untuk praktek, lima hari seminggu, maka anda mengumpulkan 40jam per minggu. Dalam setahun anda dapat 2000 jam. Maka anda harus melakukannya 5 tahun berturut-turut.

Apakah ini menjamin sukses? Tidak juga. Tapi ini menjamin anda menjadi kelas dunia di bidang itu. Anda menjadi kompetitor hebat.

Nah sukses itu terjadi kalau kebetulan bidang yang anda pilih itu, lima tahun kemudian, boom. Pasarnya terbuka. Misalnya lima tahun dari sekarang akan banyak orang yang meminta kemampuan anda itu. Maka anda akan sukses karena anda sangat kompetitif di bidang itu.

Jadi kalau hari ini anda banyak membuang waktu mengerjakan sesuatu yang bukan impian anda, anda sangat rugi. Anda tidak akan terlatih menjadi apa yang anda inginkan itu.

Just stop, start being yourself, and practice your things…


  1. Very inspiring.. Thank you.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: