Yakin

Keyakinan itu adalah suatu pilihan. Oleh sebab itu, pilihlah keyakinan yang membuat anda berkembang. Bukan keyakinan yang membuat anda mandeg.

Apa sih arti anda yakin akan sesuatu? Anda percaya akan sesuatu?

Percaya atau yakin itu adalah semacam short cut. Semacam rule of thumb. Semacam cara mengambil kesimpulan yang cepat. Terutama demi keselamatan kita. Karena anda tidak punya bukti, maka anda menggunakan keyakinan anda untuk mengambil keputusan.

Percaya atau yakin akan sesuatu berarti anda menganggap sesuatu salah atau benar meskipun anda tidak punya bukti atau alasan. Kalau anda punya alasan atau bukti, maka tidak perlu ada percaya atau yakin. Itu sudah menjadi fakta. Dalam kenyataannya, sesuatu yang anda yakini atau percayai adalah sesuatu yang tidak punya dasar bukti.

Keyakinan atau percaya itu sangat penting. Kalau anda yakin anda sakit, maka badan anda akan lumpuh. Kalau anda percaya anda cerdas, maka anda berani menghadapi soal apapun. Kalau anda yakin hari ini akan ada kutukan ramalan bintang, anda akan sembunyi dan tidak masuk kerja.

Perhatikan, betapa besar pengaruh keyakinan atas kesuksesan anda. Betapa besar pengaruh percaya akan kegagalan anda.

Nah, sekarang perhatikan dua fakta ini. Satu: keyakinan itu adalah pilihan karena tidak memiliki bukti. Dua: keyakinan itu mempengaruhi tindakan anda menuju sukses.

Jadi, kalau anda orang yang logis maka sudah jelas anda harus mengadopsi keyakinan yang membuat anda berani menghadapi kehidupan. Anda harus percaya sesuatu yang membuat anda bisa kuat menghadapi semua masalah. Anda harus memilih untuk meyakini bahwa anda itu hebat, bisa melakukan semua yang anda ingin lakukan.

Dengan kata lain, percaya diri itu adalah pilihan. Percaya diri itu adalah keputusan, sesuatu yang anda adopsi.

Jadi mulai sekarang mari kita menganut suatu keyakinan yang tidak tergoyahkan oleh apapun, bahwa kita sudah diciptakan Tuhan begitu istimewa sehingga kita siap, cocok, well equipped untuk menghadapi kehidupan di muka bumi ini, mampu menikmati kehidupan setiap saat, dan sanggup mengatasi semua masalah kapanpun ia datang.


  1. Motivasi bagus yang saya butuhkan hari ini.

    “Pilihlah keyakinan yang membuat Anda berkembang, bukan yang membuat Anda mandeg.”

    Terima kasih, Pak Armein!

  2. tapi repot jika sudah yakin,karena tkut terjadi.apalagi jika yakinnya yg buruk.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: