Komitmen

Orang takut komitmen. Takut terikat. Padahal dalam komitmen itu ada kemerdekaan.

Salah satu kepusingan saya saat bekerjasama dengan orang lain adalah tingkat komitmen. Banyak orang yang tidak punya komitmen penuh. Mereka sibuk ke sana-ke mari. Tapi tidak sepenuh hati. Jadi hasilnya tidak memuaskan.

Saya coba pikir-pikir, mengapa bisa begitu ya? Analisa saya, orang tidak percaya apa yang di depannya itu sudah yang terbaik untuknya. Ia tidak yakin. Jadi ia masuk setengah-setengah. Takut memiliki komitmen. Takut terikat.

Padahal saya lihat justru terbalik. Saat kita memiliki komitmen penuh pada sesuatu, kita dibebaskan dari hal-hal lain. Orang tidak lagi mengganggu kita dengan urusan di luar itu.

Dan kita sebenarnya dilatih dan diuji dari mengerjakan hal-hal kecil. Bila kita melakukannya dengan penuh hati dan penuh komitmen, maka sesuatu itu akan menjadi besar. kita akan diberi kepercayaan tanggungjawab yang lebih besar.

Jadi kita harus melalukan semua tugas kita dengan komitmen penuh. Jangan punya terlalu banyak komitmen, atau tugas di mana-mana. Pilih satu macam, dan tekuni itu.

Maka komitmen yang kita buat itu akan membuat kita menjadi orang merdeka. Dan karya kita menjadi mahakarya.


  1. Setuju, Pak.. saya juga sering sebel dengan orang-orang yang kurang berkomitmen dalam mengerjakan segala sesuatu [meski saya sendiri kadang melakukannya juga :P]

  2. Ada yg bilang (atau hasil penelitian?) bahwa multi-tasking is a myth …

  3. Saya lumayan berhasil dalam komitmen tapi payah dalam menghalau bosan, sebagai jalan tengah biasanya jadi ngebut dalam melakukan sesuatu biar tidak keburu bosan😀

    Kayanya saraf di otak pendek, sehingga saya termasuk kategori sprint bukan marathon😦




Leave a Reply

