Be Different

Betul, kita perlu tampil beda. Tapi maksudnya lebih pada mampu bergembira di tengah dunia yang penuh kesusahan.

Dalam hidup bersosialisasi, kita banyak berjumpa orang lain. Macam-macam kelakuannya. Dan entah mengapa banyak orang seakan tidak membawa sukacita. Yang dibawa itu masalah, hal-hal negatif, penolakan, atau judgement yang membuat kita merasa kecil. Akibatnya secara tidak sadar, kita juga bisa begitu kepada orang lain. Membalas.

Dan yang paling parah itu kalau kemudian kita sendiri yang menekan diri sendiri. Memaksa diri untuk menyesuaikan dengan hiruk-pikuk ini. Berusaha mengikuti irama dunia.

Bahkan, dalam rangka mengikuti hingar-bingar dunia ini kita bisa melukai diri sendiri. Melukai perasaan kita dengan judgment pada diri sendiri. Menganggap diri tidak layak. Merasa diri tidak mampu.

Kata saya sih, orang perlu tampil beda. Jangan sama dengan dunia.

Kalau dunia ini hiruk-pikuk, kita harus tenang. Kalau dunia ini penuh dengan perebutan dan persaingan keras, kita buat kategori sendiri. Kalau dunia ini terlalu serius, kita perlu tertawa lucu. Kalau dunia ini paling sikut, kita perlu mengulurkan tangan untuk menjabat erat. Kalau dunia ini sibuk menganggap diri penting, kita mampu menertawakan diri sendiri. Kalau dunia ini begitu pelit dan takut kehilangan, kita sengaja memberinya dengan bungkus kado yang indah. Kalau dunia siang-malam waspada dengan segala mara bahaya, kita tidur nyenyak dan mimpi indah.

You see, tampil beda itu bukan sekedar gaya-gayaan. Tampil beda itu ingin mengatakan bahwa tidak selalu dunia itu benar dan tahu apa yang terbaik untuk kita. Tampil beda itu berarti kita memiliki sesuatu yang special dan berharga untuk kita berikan.

Pada akhirnya, kenyataan memperlihatkan bahwa dunia itu bisa penuh penderitaan, penuh tekanan, penuh kepedihan, penuh kepahitan. Ini terjadi kalau kita salah melihat, salah memandang. Terlalu ingin menyesuaikan diri dengan dunia. Terlalu ingin ikut arus. Ingin diterima kelompok. Ingin sama dengan orang lain. Akibatnya kita sama dengan orang lain, yaitu hidup dalam kesusahan dan kepahitan.

Maka cara selamat di tengah dunia seperti ini adalah tampil beda.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: