Menjadi Menteri

Mestinya yang paling lega itu bu Muluk ya, tidak jadi menteri. Tapi saya tidak bisa menghindar dari kesan bahwa menjadi menteri itu seperti mendapat kenaikan status. Mungkin memang budaya kita ya?

Tadi malam saya melihat pengumuman kabinet. Rupanya SBY dan Budiono sudah berkerja keras mencari pembantu mereka. Akhirnya kabinet bisa diumumkan.

Sebenarnya saya pikir siapapun yang ditunjuk jadi menteri seharusnya pucat pasi. Mengingat beratnya beban tugas itu. Harus mengurus hampir 250 juta orang. Ini amanat besar sekali.

Tetapi TV kemudian menayangkan peristiwa pengumuman ini dari rumah para menteri. Lha saya tertegun. Rupanya saya salah. Orang ingin sekali menjadi menteri. Waktu namanya disebut SBY, sang menteri sujud syukur. Seperti orang yang dibebaskan dari penjara, diberi kesembuhan, orang yang dikasihi hilang ternyata ditemukan, atau mendapatkan rejeki.

Mungkin ini budaya kita. Menjadi menteri berarti mendapatkan kenaikan derajad. Kenaikan status. Suatu pencapaian. Jadi bukan tugas yang terbayang, tapi keberhasilan menjadi menteri.

Tentu kita juga tidak boleh usil, bawel, mempersoalkan kebahagiaan orang lain. Cuma, sikap orang yang beryukur dan merasa berhasil saat tugas baru mulai, bukan 5 tahun lagi saat tugas diselesaikan membuat saya waswas. Ini alamat tidak mengerti what they got themselves into, dan alamat lima tahun ke depan mereka akan do nothing tanpa terobosan selain mempertahankan status.

Kita ingin menyampaikan selamat, tapi lebih pada selamat bertugas.

Dan kepada bu Muluk yang sudah ke Cikeas tapi batal jadi menteri, beryukurlah bu, bebas dari tanggungjawab yang berat.

Advertisements

  1. mc_sea13

    wah…ko aneh ya…kalo postingan bagus kaya gini ko jarang yang beri komentar…hehehehe…”like this” pak Armien




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: