Gempa Sebagai Pertolongan

Ternyata gempa itu perlu sering terjadi. Dengan adanya gempa Ujung Kulon Jumat kemarin, maka energi gempa sedikit berkurang. Potensi gempa besar jadi berkurang juga.

Kompas Sabtu kemarin menjelaskan bahwa para ahli sedang menunggu terjadinya gempa besar kembali di ring of fire, kawasan gempa tektonik di mana Sumatera dan Jawa termasuk di sana. Gempa itu sebenarnya perubahan energi potensial menjadi energi gerak. Saat lempengan tektonik bergerak, terjadi tekanan antara lempengan yang berhadapan. Selama lempengan yang ditekan bisa bertahan tidak bergerak, tekanan pada lempengan ini setiap hari terus membesar. Sampai suatu titik, lempengan tersebut tidak tahan, dan terjadi pergerakan mendadak. Gempa besar terjadi.

Jadi kalau terjadi gempa seperti kemarin itu, maka energi gempa berkurang. Jadi rupanya kita perlu beryukur sering terjadi gempa. Supaya energi gempa tidak terkumpul, yang menyebabkan gempa dengan daya hancur besar.

Juga kalau sering gempa, maka kita tidak lengah. Bisa terus diingatkan untuk mempersiapkan diri. Bisa menyiapkan jalur evakuasi. Selalu tersedia alat berat. Tidak sembarangan membangun gedung.

Meskipun gempa Jumat kemarin memang hanya berskala Richter 6.4, tetap membuat saya ngeri. Tapi mengetahui mengapa itu perlu, kita jadi bersyukur.

Advertisements

  1. Gunung-api juga begitu Pak, jadi seperti katup (valve) yg sekali-sekali terbuka mengurangi tekanan yg terus terakumulasi …

  2. Ooo gtu ya pak…hmmm pak nanya dunk…terjadinya gempa itu bisa ga diprediksi pak????soalnya akhir-akhir ini banyak isu gempa yg kan terjadi. mohon penjelasannya ^^ makasih y ^_^




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: