Urban Legend

Kalau jaman dulu ada cerita rakyat, jaman sekarang ada cerita desas-desus. Urban legend. Meskipun pantas di ragukan kebenaran faktualnya, urban legend ini banyak gunanya. Karena ia mengajarkan nilai-nilai kontemporer.

Ciri khas: “teman saya punya teman, mengalami ini, mengalami itu….”  Dan sebagainya. Jadi urban legend itu adalah kisah, yang diceritakan seperti kisah nyata, akan tetapi kebenarannya diragukan.

Bukan berarti semua urban legend itu tidak berdasarkan fakta. Tapi pada saat diceritakan, fakta itu sudah dibumbui fiksi, dibesar-besarkan, atau diekstrimkan. Bumbu-bumbu itu termasuk horor, mistik, gaib, ilmu, sampai pada lelucon.

Mengapa perlu dibumbui? Untuk memberikan penekanan dan impak yang maksimum.

Misalnya cerita bahwa di tahun 2012 dunia akan kiamat. Ini konon didasarkan pada kalender suku indian Maya. Belakangan pemimpin spiritual Maya mengeluh, katanya capek, berusaha menjelaskan bahwa tidak ada pengertian itu di suku Maya.

Memang, bagi banyak orang, bumbu-bumbu urban legend sangat mengganggu.  Seperti berbohong.

Akan tetapi biarlah urban legend diperlakukan apa adanya: legenda.

Seperti legenda si Malin Kundang atau Sangkuriang misalnya, yang tidak jelas bukti kebenarannya, tetapi tetap mengasikkan dan memiliki nilai-nilai hidup.

Demikian juga kiamat di tahun 2012 itu hendaknya mengingatkan semua akan adanya hari kiamat. Jadi kita semua diingatkan melalui urban legends.

Malah ini sebenarnya ukuran popularitas. Anda baru benar-benar populer kalau sudah menjadi tokoh dalam sebuah urban legend … 🙂




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: