The Truth Will Set Us Free

Perdebatan selalu berusaha mencari mana yang benar. Tapi pada akhirnya kita mencari kebenaran agar kita dibebaskan dari belenggu.

Memang asik kalau sudah berdebat. Apalagi kalau pendapat kita itu mewakili emosi kita.

Tapi orang sering lupa, bahwa berdebat itu bukan mencari siapa yang menang, tetapi mencari yang benar itu apa. Bukan pertandingan orang tapi pertandingan ide.

Dan kebenaran itu baru berharga kalau itu membebaskan kita dari berbagai belenggu. Belenggu kebodohan. Belenggu kemiskinan. Belenggu dalam mencapai jati diri. Belenggu dalam mencapai kehidupan yang penuh.

Jadi kalau kita memang mencari kebenaran yang membebaskan itu, maka perdebatan menguntungan semua pihak. Yang berpendapat benar tetap bebas, dan yang berpendapat salah mendapat kebebasan.

Kunci sukses dalam berbeda pendapat adalah selalu mencari dengan jujur kebenaran itu. Jangan dibawa menjadi pertandingan orang, atau perlombaan berbagai pihak. Bukan soal menang kalah. Tapi soal membebaskan.


  1. Setuju pak. Justru pedebatan menjadi tidak sehat apabila kita adu emosi dan adu penghakiman. Perdebatan yang sehat adalah apabila kita adu akal dan adu argumen.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: