Gempa di Padang

Sejak kemarin saya mencoba menulis sesuatu tentang gempa di Padang, tapi saya tidak bisa. Terlalu banyak korban. Terlalu banyak penderitaan. I lost my ability to write and say something appropriate.

Saya berharap akan keteguhan hati dan daya tahan dari masyarakat di Padang menghadapai cobaan sebesar ini. Saya berdoa supaya banyak yang bisa diselamatkan dari bawah reruntuhan gedung.

Ini memang cobaan. Disebut cobaan, karena sekarang kita diberi kesempatan untuk berjuang menyelamatkan nyawa. Berjuang meringankan penderitaan. Berjuang membangun kembali.

Mulut saya terkatup melihat tayangan upaya menyelamatkan anak-anak dari reruntuhan gedung les dan gedung sekolah. Juga korban dari hotel, rumah, gedung, dan tempat lain.

Menurut ahli geologi, kota Padang ada di kawasan ring of fire, tempat pergesean kulit bumi yang aktif.  Opsi ke depan cuma dua: kota Padang di pindahkan ke tempat lain, atau kota Padang memperluas Dinas Penanganan Bencana. Semua bangunan diinspeksi dengan ketat, atau diganti dengan rumah tradisional, agar relatif tidak membahayakan kalau terjadi gempa…

Mari, jangan pelit-pelit, kita bantu korban gempa di Padang.


  1. james

    Setiap orang saatnya berpikir dan mengambil tindakan yang nyata dalam menghadapi bencana seperti ini. Baik pemerintah sebagai penyelenggara negara dan pembuat kebijakan maupun kita masyarakat Indonesia dengan keragaman latar belakang untuk menunjukkan rasa solidaritas dengan kesadaran bahwa satu saat hal yang sama bisa menimpa kita dan orang-orang yang dekat dengan kita.
    Dengan melihat banyaknya korban yang tertimpa bangunan, khususnya sarana publik seperti sekolah, rumah sakit mall, hotel dan sarana lainnya maka adalah sangat relevan dan manusiawi bila pemerintah melalui institusi yang berwenang untuk menerapkan standar kualitas yang layak dan memenuhi syarat saat mendirikan bangunan yang bisa berdampak pada jumlah korban saat terjadi bencana seperti ini. Semoga…

  2. Saya juga turut bedukacita. Hmmm andaikan sumbangan bisa melalui paypal?

    • kubil

      kalo niat nyumbang ga usah pake basa-basi paypal boss….

  3. nazana

    Salam,

    Takziah untuk keluarga mangsa gempa. marilah kita sama-sama bertafakur sejenak tentang kekuasaan dan kehebatan Allah. Bagi rakyat indonesia, janganlah terlalu angkuh dan sombong, belajarlah dari kejadian silam yang pernah menimpa umat-umat terdahulu.

    Mungkin mereka (rakyat indon) mahu ganyang Malaysia, tetapi belum sempat mereka berbuat apa-apa Allah terlebih dahulu telah menganyang mereka.

    Wallahualam.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: