Neuroplasticity

Salah satu oleh-oleh dari perjalanan ke Papua sebenarnya sebuah buku karangan Norman Doidge: The Brain That Changes Itself. Bagus banget.

Setiap saya bepergian melalui airport, saya berusaha mampir di toko buku. Saya punya kebiasaan beli minimal satu buku. Tidak sengaja saya memilih buku karangan Norman Doidge ini. Wah tidak menyesal.

Buku ini sebenarnya sudah terbit dua tahun lalu (2007), jadi tidak begitu baru. Tapi saya senang sekali membacanya. Penulisnya sangat mahir, seperti pemulis novel yang seru. Tapi yang paling mengesankan adalah isinya, pesannya. Bahwa otak kita tidak rigid, bisa dibentuk seperti plastik.

Selama ini para ahli berpendapat bahwa otak kita itu kaku. Begitu lewat masa kecil, otak kita tidak bisa berubah. Jadi kiat susah belajar. Atau kalau ada gangguan, tidak bisa dipulihkan.

Di buku ini, Norman menjelaskan berbagai fenomena dan penemuan ilmiah yang memperlihatkan bahwa otak bisa memperbaiki dirinya. berbagai penyakit yang tekait dengan kerusakan otak bisa disembuhkan.

Sebagai contoh, kelumpuhan seseorang akibat stroke bisa diatasi dengan melatih otak. Kesulitan perilaku anak autis bisa dikurangi, bahkan dihilangkan. Kecanduan bisa dikurangi. Rasa sakit bisa diatasi.

Jadi pada prinsipnya otak membangun dirinya dengan melakukan rekonfigurasi jaringan antar sel otak, yang disebut neuron. Saat kita belajar, kita merekonfigurasi jaringan itu. Saat kita menerapkan hasil belajar, jaringan yang terbentuk itu melakukannya untuk kita. Nah dengan latihan-latihan, lokasi jaringan itu bisa berpindah, dari lokasi yang rusak ke lokasi yang masih baik. Sehingga kita tetap bisa berfungsi.

Saya pikir saya akan membaca buku ini berulang-ulang, dan membagikannya dengan teman-teman saya.


  1. hmm.. IMHO, berdasarkan asumsi bahwa pada umumnya manusia tidak menggunakan seluruh kapasitas otaknya bisa dijelaskan bahwa jika terjadi kerusakan, otak memiliki mekanisme untuk melakukan rekonfigurasi pada daerah yang sebelumnya tidak digunakan.

    sama seperti konsep fault-tolerant system. begitu ada komponen yang down, maka akan ada komponen cadangan yang dibangunkan untuk mengganti fungsi komponen tadi.

  2. vidi

    bukunya bisa didapat dimana ya?
    bisa share ke email lebih detail isi bukunya. thx

  3. vidi

    bukunya bisa didapat dimana ya?
    bisa share ke email ga ikhtisar buku tersebut. thx




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: