Jangan Kurang Tidur

Menurut riset, daya tahan tubuh ditingkatkan saat kita tidur. Jadi kalau kita kurang tidur, maka daya tahan tubuh menurun. Mudah sakit, seperti pilek dan flu.

Biasanya orang berusaha minum vitamin untuk menambah daya tahan tubuh. Atau suplemen. Memang kalau kita kekurangan vitamin atau mineral, tubuh kita jadi sakit. Tapi tidak ada bukti bahwa kalau kita menelan vitamin, mineral, suplemen, melebihi yang diperlukan tubuh, maka daya tahan tubuh meningkat.

Bagaimana dengan tidur cukup?

Maka, para ahli melakukan suatu percobaan. Mereka mengumpulkan dua kelompok orang. Kelompok pertama dibuat tidur nyenyak sekurangnya 8 jam sehari. Kelompok kedua dibuat tidak bisa tidur. Kalaupun tidur, kurang dari 8 jam sehari.  Kemudian kedua kelompok ini dikumpulkan dengan orang yang sakit pilek. Supaya terkespose, terkena kuman, dan sengaja mau dijangkiti kuman.

Ternyata orang kelompok pertama tidak mudah terjangkit, sedangkan kelompok kedua pada jatuh sakit. Satu banding tiga.

Ternyata ada penjelasan lebih lanjut. Saat kita tidur, darah putih dihasilkan lebih banyak. Darah putih itu semacam tentara yang memerangi bakteri serta kuman-kuman dalam tubuh. Nah dengan tidur nyenyak dan cukup, jumlah pasukan tempur darah putih kita dihasilkan cukup banyak. Sehingga kita lebih mampu berjuang melawan kuman penyakit.

Jadi, pesannya adalah: jangan kurang tidur. Kalau anda merasa sering sakit, coba disembuhkan dengan tidur yang cukup. Minimal 8 jam sehari.


  1. wah … jadi mesti gimana ya? padahal cuma itu (mengurangi tidur) yg bisa diandalkan untuk menutupi ‘kebutuhan’ … hehehe …




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: