Komitmen

Saya pikir-pikir, kunci kesuksesan sejati ada pada satu hal: komitmen.

Komitmen itu semacam janji dan tekad pada untuk melakukan sesuatu, atau untuk bersikap sesuatu. Orang yang memiliki komitmen akan mempertahankan tekadnya meskipun keadaan tidak mudah.

Dalam belajar, misalnya, komitmen kita untuk menguasai ilmu atau menyelesaikan studi membuat kita bekerja keras. Tidak gampang kalah. Sampai belajar kita selesai.

Dalam bisnis juga begitu. Kita komit untuk melayani pelanggan. Memberikan yang terbaik bagi mereka. Maka komitmen ini membuat pelanggan selalu kembali, dan kita bisa punya bisnis yang jalan.

Seorang profesional pun pada dasarnya menjalankan suatu komitmen, yaitu komitmen terhadap profesinya dan mereka yang harus dilayani profesinya. Tanpa komitmen untuk menekuni profesinya, maka seorang profesional akan gagal dan tidak diakui orang.

Dalam hubungan, relationships, komitmen adalah kunci. Dalam keadaan senang ataupun susah, dalam keadaan sehat maupun sakit, kita bertekad untuk tetap menjaga hubungan. Memeliharanya. Maka hubungan kita menjadi berhasil.

Saya pikir kita semua berbeda, sehingga tidak semua punya komitmen yang sama. Tapi satu hal yang bisa kita share bersama, adalah komitmen pada kehidupan. Komitmen bahwa kita akan mengisi kehidupan ini dengan maksimal. Menggali semua sukacita yang tersimpan di dalamnya. Kita komit untuk membuat hidup ini penuh makna.

Semua itu memang mudah diucapkan. Dalam praktek kita sering melihat kegagalan komitmen. Orang yang pindah-pindah profesi adalah contoh kegagalan komitmen. Orang yang mementingkan laba daripada kepuasan pelanggan gagal memenuhi komitmen. Orang yang hanya senang pada sahabat atau kekasihnya pada saat yang menyenangkan juga gagal menjaga komitmen.

Hidup yang bermakna adalah hidup yang dijalankan dengan komitmen. Hari-hari dijalankan satu demi satu dalam komitmen penuh. Maka bertahun kemudian, komitmen itu akan menghasilkan buah keberhasilan yang penuh makna.


  1. Juga komitmen untuk posting tiap hari di blog ini ya Pak…🙂

    • azrl

      ia, dan komit untuk visit🙂

  2. komitmen, dan juga kekonsistenan dalam menjalankan komitmen itu😀

  3. setuju…. dari segala hal yang tidak konsisten dalam hidup saya, saya menjaga komitmen dengan segala hal yang telah saya mulai.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: