Love as a Medication

Obat paling manjur untuk penyakit jaman sekarang adalah cinta dan perhatian.

Cinta memperkuat daya tahan tubuh. Sehingga kita tidak mudah sakit. Kalaupun sakit, lekas sembuh.

Percaya sama saya, orang yang sering dipeluk, disayang, diberi kata-kata manis, akan punya daya tahan tubuh yang tinggi.

Jadi cinta dan perhatian adalah obat yang sangat manjur untuk berbagai penyakit.

Penyakit sering diasosiasikan dengan kuman. Infeksi.  Memang, kalau sudah infeksi, antibiotiklah obatnya. Kita perlu obat farmasi.

Tapi sakit jaman sekarang itu tidak selalu dari kuman. Kalaupun dari kuman, itu karena daya tahan kita menurun. Dan dayatahan kita menurun lebih karena sistem kekebalan tubuh yang tidak berfungsi. Stres penyebabnya.

Bukan rahasia lagi, banyak flu, sinusitis, sakit kepala, pusing-pusing yang muncul akibat stress.

Bahkan banyak sakit kita bisa datang dari tekanan hidup. Kita radang paru-paru karena banyak begadang. Mengapa begadang? Karena banyak kerjaan dan deadlines. Kita sakit perut karena stres. Mengapa? Karena kita tidak makan teratur. Mengapa? Karena nggak selera. Mengapa? Banyak kerjaan dan tegang.

Bahkan stress bisa menyebakan kecelakaan di jalan. Kita ngebut takut telat. Atau konsentrasi buyar karena mikirin kerjaan atau masalah kantor. Lagi nyetir harus terima HP, kirim sms. Akibatnya celaka.

Cinta itu menenangkan hati. Membuat anda feel special tanpa harus stress. Membuat zat kimia yang baik dalam tubuh anda mengalir. Membuat jiwa anda segar. Kesegaran ini kemudian mengalir ke seluruh tubuh.

Tapi lebih penting lagi, kalau anda sakit, anda perlu berusaha untuk mengekspresikan cinta anda pada orang lain, kekasih anda, keluarga anda, sahabat anda. itu akan menggerakkan proses penyembuhan dalam diri anda. Itu mengalihkan pikiran anda dari masalah kepada solusi.

Dan cinta ini perlu diperluas. tidak hanya pada orang-orang. Tapi juga pada pekerjaan anda, profesi anda, tugas anda, lingkungan anda, rumah anda. Saat anda mencintai apapun yang diberikan pada anda, dengan rasa syukur, maka anda terbebas dari konflik batin.

Jadi betul, cinta dan perhatian (affection) itu adalah obat manjur. Kita perlu beri berlimpah pada mereka yang sedang sakit, yang sedang dalam pengobatan. Tapi kemanjurannya akan maksimal kalau anda yang sedang sakit itulah yang memberikan cinta dan affection pada orang lain.


  1. iya pak saya percaya. biasanya sembuh mendadak saat saya mulai memasak untuk suami.seperti siang tadi.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: