Sakit

Saking seringnya kita sakit, kita pikir sakit itu normal. Padahal tidak. Kita didesain untuk hidup sehat. Jadi setiap sakit, saya selalu berusaha mencari apa yang perlu diperbaiki.

Kita terbiasa kalau sakit, ke dokter, minum obat, dan sembuh. Seakan sakit itu membutuhkan obat farmasi.

Tapi kalau kita sadar bahwa kita sakit karena tubuh kita tidak berfungsi dengan sebenarnya, maka fungsi itu yang perlu dikembalikan. Kalau kita sadar bahwa fungsi itu gagal karena ada kebiasaan kita yang tidak sehat, kebiasaan itu yang harus dihentikan.

Obat farmasi bisa mengembalikan fungsi, dari tidak normal menjadi normal. Tapi itu hanya sementara. Karena kalau kebiasaan yang tidak sehat itu terus berlangsung, maka kembali akan terjadi kegagalan fungsi. Dan makin lama obat farmasi makin tidak mempan. Bahkan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Jadi itu, ya, sehat itu adalah normalnya semua fungsi tubuh. Normal sesuai standar Sang Pencipta kita tentu saja. Sakit itu adalah tidak normalnya fungsi tubuh. Penyembuhan adalah pengembalian kenormalan fungsi tubuh.

Pada dasarnya, ada tiga hal yang harus lakukan agar kita bisa sehat, tetap sehat maupun menjadi sehat: makanan sehat, gerak/olah raga cukup , dan kedamaian batin.

Makanan memberikan kebutuhan energi, zat pembantu metabolisma, dan zat pembangun sel untuk pertumbuhan atau pengganti sel yang rusak. Celakanya kita bisa kekurangan zat-zat itu. Atau kemasukan zat berlebihan sehingga kita keracunan atau terjadi penyempitan di mana-mana. Jadi, watch what you are eating.

Olah raga melatih fungsi tubuh agar terjaga dan fit. Dulu ini tidak penting, karena manusia harus selalu bergerak, baik karena berburu, mencari makan, mencari air, dan sebagainya. Tapi sekarang kita menghabiskan 8 jam sehari duduk-duduk. Semua serba nyaman. Naik lift, mobil. Jadi badan kita tidak berfungsi penuh. Nah ini dikompensasi dengan olah raga. Jangan selalu mencari yang nyaman atau mewah. Semua yang nyaman dan mewah berpotensi membuat kita tidak fit lagi.

Kedamaian batin semakin penting. Kalau pikiran kita stress terus maka perlahan tubuh kita terpacu secara tidak seimbang. Dan organ-organ bisa terbeban berat dan terganggu. Kita harus makan rohani yang segar, sehat, gembira, sukacita, excited. Kita harus hidup di mana batin kita mendapat kehangatan dan kesegaran.

Nah kalau kita sakit berulang-ulang, apa yang harus kita lakukan? Ini tanda tubuh kita sedang protes. Ada sesuatu kebiasaan hidup atau suasana hidup (batin maupun fisik) yang tidak menyehatkan. Mungkin makanan kita terlalu banyak zat kimia yang tidak jelas?  Mungkin kita tidak mau olahraga?  Mungkin hdiup di tempat yang banyak polusi? Mungkin ada kegembiraan yang hilang? Mungkin ada kekecewaan? Sambil berobat ke dokter, semua ini harus dipikirkan. Begitu kita kuat lagi, kita segera bertekad untuk hidup sehat.

Kita harus selalu ingat bahwa sehat itu normal, sakit itu abnormal. Tubuh kita didesain untuk sehat, dan sakit itu temporary. Jadi kalau anda hidup sesuai dengan maksudNya maka anda bisa berharap penuh bahwa anda akan sehat terus. Saya sendiri, dalam keadaan kesakitan, selalu berdoa padaNya mohon kesembuhan. Karena tidak ada dokter yang lebih hebat dari pada Dia. Pencipta kita gitu lho…

Selamat hidup sehat.


  1. andriyan

    “… Dulu ini tidak penting, karena manusia harus selalu bergerak, baik karena berburu, mencari makan, mencari air, …”

    Setuju Pak. Karena sebagian besar waktu kita habis di tempat kerja, harus mulai dipikirkan rancangan lingkungan kerja yang membuat sehat karyawannya. Untuk kampus, ada baiknya dibuat tempat parkir yang agak jauh, supaya kita terbiasa jalan kaki. Kantin juga dibuat agak jauh dari kantor, supaya gerak jalan dulu sebelum makan. Kalau masih kurang juga, mungkin kebun binatang di sebelah kampus bisa dibuka, supaya kebiasaan berburu muncul lagi he..he, tapi bisa-bisa ganti kita yang diburu ya?

    • supaya kita terbiasa jalan kaki.

      sayangnya di ITB jalur pejalan kaki tidak ‘terhubung’ ketika kondisi hujan. khususnya ke tempat parkir dan tokema.🙂

  2. aha

    Makanan, Gerak, Damai Batin…

  3. Henny

    Salam kenal Pak!

    Dr yg saya bc, sakit dsini krn life style & lingk tmpt kita hdp kan pak.
    As a pharmacist, saya jg sebisa mgkn tdk minum obt. Mengingat obt adl “2 sisi mata uang” jd klo lg ga enak bdn biasanya ckp dilawan dng makan sehat, ìstrht ckp n vitamin.

    Tp klo emg lg apes,hehe terinfeksi gt ya mending minum obt n hrs dipatuhi aturannya.

    Tp plg the best, “Hati yg gembira adl obt”

    Salam!

  4. setuju pak.

    Menurut saya, kesehatan adalah integritas dari kerohanian (ibadah, ketaatan, iman), jiwa (gaya hidup bersyukur, positive thinking), dan jasmani (makan sehat, istirahat cukup, olahraga teratur).

  5. Silakan kunjungi blog sehat di http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: