Rektor Baru ITB dan Reformasi

Bukannya soal pemilihan rektor baru ITB tidak penting. Tapi reformasi di ITB harus dimulai dengan reformasi peraturan, bukan figur rektor.

Rektor itu eksekutif. Keberhasilan rektor diukur dari keberhasilannya melakukan eksekusi. Eksekusi dari apa? Ya itu eksekusi dari ketentuan. Kebijakan. Peraturan. Agenda. Nah kalau agenda, ketentuan, dan peraturan tidak reformatif, maka rektor yang bagus pun tidak akan membawa perubahan yang diharapkan.

Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus dilakukan rektor (dan perangkat ITB lainnya) adalah menghasilkan ketentuan-ketentuan yang reformatif.

Apa saja ketentuan yang perlu direformasi? Saya mencatat beberapa.

  1. ITB perlu memposisikan diri sebagai penghasil ilmu, inovasi dan pembaharu masyarakat. Ini berarti pergeseran dari sekedar lembaga penghasil sarjana menjadi lembaga penghasil agen pembaharu masyarakat. Lulusan kita harus membangun masyarakat dengan berbagai kontribusi dan inovasinya.
  2. Dosen ITB, dimotori profesornya, wajib menghasilkan pengetahuan termasuk melalui karya tulis yang dipublikasikan internasional. Seorang profesor wajib menghasilkan sekurangnya tiga publikasi jurnal internasional.
  3. Proporsi mahasiswa pasca sarjana sekurang-kurangnya 50% dari populasi mahasiswa. Gelar S3 diperoleh bila kandidat telah mempublikasikan dua makalah journal.
  4. Program studi wajib mendapatkan akreditasi dan pengakuan internasional.
  5. Proses administrasi dan keuangan wajib mendapatkan sertifikat ISO9000
  6. Pejabat dan pelaksana manajemen adalah profesional.
  7. Kondisi lingkungan, ruangan, fasilitas harus sehat, bersih, layak pakai, asri, dan indah

Kalau kita simak catatan-catatan ini, maka ini bukan soal figur rektor, tapi soal ketentuan yang perlu diberlakukan bagi semua.

Reformasi di ITB harus dilakukan melalui sekumpulan reformasi perundangan. Reformasi dimulai dengan proses reformasi legislasi.


  1. Bagaimana kalau: Pak Armein for Rector?




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: