Menjadwal akses Internet

Dulu pusing mencari akses Internet. Pengennya 24 jam sehari, unlimited. Sekarang saya sengaja membatasi akses Internet di komputer saya. Pagi maksimum 1 jam. Sore maksimum 1 jam. Supaya bisa belajar berdisiplin.

Internet semakin menyita waktu.  Sekali kita masuk ke Internet, banyak waktu habis di situ.  Memang asik. Dulu kita bisa dapat informasi yang penting, termasuk ilmu.  kemudian kita bisa mendapatkan hiburan di situ. Sekarang kita bisa ketemu orang, teman, dan bersosial. Akhirnya waktu untuk produktif, menghasilkan karya, tersita. Konsentrasi kita gampang pecah. Dan kita tidak lagi tajam seperti sinar laser.

Jadi saya mengabil langkah drastis. Saya hanya membuka Internet pagi dan sore, dua kali sehari, masing-masing maksimum 1 jam. Perlu untuk baca dan balas email. Perlu untuk search informasi akademis. Sisanya untuk nulis blog, twitter, facebook, dsb.

Caranya sangat fisikal. Saya copot saja Wifi USB stick dari komputer saya. Jadi secara fisik tidak ada koneksi ke Internet di luar jam-jam yang dijadwal tadi.

Hasilnya cukup lumayan. Saya bisa lebih punya waktu berkonsentrasi.

Dan, dulu saya memulai mematikan ringer HP saya. Sejak Februari 2008. Sampai hari ini saya masih menerapkan kendali ini. Saya harus beli HP yang kedua, dengan ringer yang ON, khusus untuk Ina dan anak-anak. Dan pada awalnya memang banyak yang jengkel. Tapi sekarng semua sudah ngerti dan menyesuaikan diri.

Jadi dalam era TIK yang sangat intensif ini, kita harus menjadi tuan atas informasi ya…


  1. betul Pak, akses internet harus dikendalikan. sekarang ini terlalu banyak media informasi yang bersifat eksklusif, terlalu banyak distraction.

    untuk mengakses internet perlu 5 waktu :
    – memilih informasi yang mau diakses (mencari dari bookmark atau dari search engine)
    – latensi untuk loading informasi
    – atensi mencerna informasi
    – menanggapi informasi (membalas email)
    – latensi lagi untuk mengirimkan tanggapan

    supaya lebih produktif, lebih enak media yang tidak ekslusif atau menuntut respon seketika seperti (e-mail, sms, rss).




Leave a Reply

