Individualis Komunalis

Abad lalu diwarnai pertentangan antara ide masyarakat kapitalis versus komunis, individualis versus sosialis. Saya pikir masyarakat yang cerdas abad ini bisa dua-dua sekaligus.

Ujung-ujungnya kan masyarakat seperti apa yang bakal maju? Tentu masyarakat yang maju berarti individu juga maju. Tapi kita tahu juga individu akan sukar maju kalau masyarakatnya menghalanginya. Jadi ada dualisme di sini.

Kelebihan individualisme adalah seseorang berjuang keras untuk memajukan dirinya. Ia merasa bertanggungjawab akan kemajuan dirinya. Ia tidak menyalahkan siapa-siapa atas kemajuan atau kemunduran dirinya, kecuali dirinya sendiri. Dia belajar taking care her himself/herself.

Dengan cara berpikir seperti ini, dunia menjadi indah warna warni. Karena setiap orang menjadi istimewa pada bidang yang dipilihnya. Setiap orang mempersembahkan karya yang unik, khas dirinya. Maka kita akan kaya dengan keragaman.

Tetapi sosialisme juga punya banyak kelebihan. Orang bisa bersinergi membangun bersama. Ada banyak hal di dunia ini yang membutuhkan perjuangan bersama. Sinkronisasi aktivitas. Kualitas karya-karya besar komunitas sering melebihi karya individu.

Terlebih, ada dua hal yang harus kita lakukan bersama.

Pertama tentang tanggungjawab tugas memajukan masyarakat. Di setiap masyarakat ada fungsi tugas bersama untuk kemajuan. Seperti kata pepatah, it takes a village to raise a child. Tugas bersama kita adalah untuk memajukan kemuliaan species kita, umat, bangsa. bersama-sama.

Kedua tentang tanggungjawab atas keadilan. Inilebih pada mencegah perampasan hak mereka yang lemah, yang tidak berdaya. Anggota masyarakat tidak boleh diam saat terjadi ketidakadilan. Keadilan itu harus selalu dijaga bersama.

Jadi saya pikir, masyarakat yang cerdas adalah masyarakat yang individualis sekaligus komunalis. Ia individualis dalam mengurus kebahagiaan dirinya, tetapi komunalis saat memuliakan masyarakat dan menjaga keadilan. Cerdas di sini ada pada kemampuan menyeimbangkan antara keduanya.


  1. kuke

    pagi ini mau bilang terima kasih lagi, Pak ^^ kadang2 theme aku pas lagi pas ama postingan Bapak ^^v




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: