Hatoyama, PM Jepang Berikutnya

Partai oposisi pimpinan Dr. Hatoyama memenangkan pemilu Jepang. Ia akan menjadi PM yang baru. Targetnya: mengakhiri kekuasaan birokrat.

Hatoyama tadinya dosen di Senshyu University. Ia mendapat gelar Ph.D engineering dari Stanford. Kalau anda punya ban motor atau mobil merek Bridgestone, maka anda sudah mendanai Hatoyama, karena keluarganya pemilik pabrik ban ini.

Hatoyama mengalahkan partai LDP, yang sudah berkuasa 55 tahun. Selama LDP berkuasa, ia membangun jaringan birokrasi Jepang yang sangat terkenal itu. Praktis Jepang dipimpin oleh para birokrat. Bangsa Jepang banyak ingin bekerja di pemerintah, menjadi PNS. Budaya birokrasi sangat kuat. Tidak hanya itu. Saya lihat dosen ITB alumni Jepang sering punya semangat dan gaya birokrat.

Akhirnya Hatoyama menyadari bahwa ternyata selama ini pemerintahan itu hanya menguntungkan kaum birokrat. Kekuasaan diabdikan untuk kepentingan hidup birokrat, bukan lagi untuk rakyat.

Oleh sebab itu Hatoyama menggalang kaum oposisi untuk menggulingkan kekuasaan LDP. Sekaligus ia bertekad untuk membuat pemerintah mengabdi pada kepentingan rakyat, bukan birokrat.

Ini memang tidak mudah. Budaya birokrasi sudah sangat mengakar. Tetapi kemenangan telak Hatoyama memberikan mandat dari rakyat untuk bertindak. Maka pemerintahan Hatoyama ini layak sekali untuk diikuti. Apakah ia akan mampu mengubah Jepang.

Kalau Hatoyama berhasil, maka kita akan melihat a new Japan.


  1. andriyan

    “…Saya lihat dosen ITB alumni Jepang sering punya semangat dan gaya birokrat… ”

    saya ‘nggak masuk golongan ini pak … he..he

    • azrl

      Hehe betul pak Andriyan, maaf. Banyak juga yang tidak, seperti pak Andriyan, pak Trio

  2. benar pak, saya juga mengharapkan terwujudnya The New Japan. Tapi menurut teman saya, ada kemungkinan Hatoyama akan ditangkap paling tidak sampai November nanti. Karena cara-cara dia mengumpulkan duit yang “tidak lazim”. Well, saya katakan pada teman saya, mana ada sih politik yang “bersih” ….
    Kita lihat saja perkembangan selanjutnya.
    Wah sudah cukup lama saya tidak bermain ke sini.

    EM




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: