Heaven Class University

Mengapa berhenti di world class university (WCU)? Harusnya ITB berjuang mencapai heaven class university (HCU). Universitas kelas sorga🙂

Apa masudnya?

Ceritanya jumat kemarin KM ITB meminta saya ikut memberikan talkshow tentang profesionalisme. Apa kaitan profesionalisme dengan pendidikan di ITB?

Dari diskusi terungkap bahwa profesionalisme itu memang berdasarkan panggilan jiwa. Karena tugas seorang profesional itu tidak mungkin dilakukan tanpa ia terpanggil melaksanakannya.

Sebagai contoh, seorang dokter adalah profesional. Ia bersumpah untuk membantu pasien sebaik mungkin. Artinya, tengah malam pasien butuh, dia akan bangun dan berjuang menyelamatkan pasien. Diapun akan terus mengembangkan diri, belajar ilmu kedokteran seumur hidup. Oleh sebab itu ia menjadi dokter bukan hanya pada jam kerja, tetapi 24 jam sehari.

Nah ini tidak mungkin bisa dilakukan kalau jiwanya tidak terpanggil untuk menjadi dokter.

Jadi profesionalitas itu lebih berupa kesediannya berkarya, kesediaan melayani, bukan gelar akademis atau status legal semata.

Nah bagaimana kita bisa profesional? Apakah ia bisa dididik?

Saya pikir pendidikan itu hanya setengahnya. Pengetahuan itu hanya setengahnya. Setengahnya lagi adalah kemampuan berkarya. Nah kemampuan berkarya butuh sikap kreatif. Ini yang susah.

Seorang insinyur profesional harus bisa membuat gedung, jembatan, atau karya enjinir lainnya. Nah, ilmu pengetahuan di bangku sekolah jelas tidak cukup. Dia harus kreatif, karena situasi di lapangan tidak selalu sama dengan apa yang dia pelajari di bangku kuliah. Dengan kata lain, kita baru bisa berkarya istimewa kalau kita kreatif.

Nah, saya pikir, pengetahuan atau apalagi kreativitas itu adalah anugerah dari Yang Mahakuasa. Itu tidak bisa hanya usaha kita. Kalau Tuhan tidak menganugerahkan itu pada kita, kita tidak akan bisa.

Sebagai contoh. Pernahkah kita mencoba belajar suatu pelajaran yang sudah ada textbooknya, sudah ada kuliahnya, tapi eh kok susah nangkapnya? Pas ujian kita gagal? Itu tandanya kita belum dikaruniaiNya pengertian tentang topik itu. Apalagi kreativitas. Susah sekali bukan? Tanpa percikan anugerah dariNya, tidak bisa kita kreatif.

Nah itu sebabnya saya pikir orang profesional sejati itu sebenarnya dekat dengan Sumber segala ciptaan, Pencipta langit dan bumi. Jadi kalau ITB hendak menghasilkan lulusan yang profesional, artinya bukan saja secara akademis hebat tapi juga secara karya kreatif dan orisinil, ITB harus menjadi heaven class university, HCU, universitas kelas sorga🙂

Ya memang semua yang mendengar usulan saya ini tersenyum. Saya juga sebenarnya amused dengan ide ini.  Tapi saya jujur percaya bahwa anda hanya bisa mensustain kreativitas kalau anda dekat dengan sumber kreativitas. Lagipula saya tidak merencanakan untuk mengusulkan HCU. Saat saya duduk di kursi talkshow, pikiran itu datang dan hinggap begitu saja. I think it was given to me at that moment

Point saya, anda bisa banyak mencipta kalau anda dekat, bergaul akrab, dengan Sang Pencipta.


  1. Tunggal Mardiono

    HCU, sepertinya “the Heaven” itu titik terakhir “perjuangan di dunia” dengan syarat saat didunia itu “bersih”, efektif dan efisien (two of the engineering benchnark) dan “dapat restu dari Yang Maha Kasih”. Saya sih setuju “ITB itu harus berjuang menuju titik terkahir dengan restu Yang Maha Kasih” saat di dunia nyata. “Menju titik terakhir ini yang direstui oleh NYa” yang merupakan “arah yang suci” tanpa “kotoran” dengan “segala minds and means yang suci pula”.
    Dengan demikian implikasi bagi “Pimpinan ITB” yaaa harus manusia-manusia terpilih; istilah dalam dunia kerja yaaa “profesional beneran” yang hanya dalam hatinya hanya ada “Tuhan Yang Maha Esa”, bukan “karbitan”, bukan pencari kekuasaan (power seekers),. karean “percaya bahwa Dia yang akan membimbingnya”
    Lalu apa lagi???
    Salam,
    Tunggal M.

  2. wah, pak… ide luar biasa…
    makasih atas pencerahannya,,,




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: