Insomnia and Michael Jackson

Polisi menyatakan bahwa Michael Jackson (MJ) mati terbunuh. Tetapi menurut saya, ini adalah kasus tragis kematian akibat kehampaan spiritual.

MJ mati karena jantungnya berhenti berdenyut. Disebut cardiac arrest.  Menurut hasil otopsi, ini akibat kebanyakan zat propofol. Overdosis propofol. Polisi kemudian mengarahkan penyelidikan nya pada doketr pribadi yang memberikan obat ini.

Mengapa bisa begitu?

Rupanya MJ tidak bisa tidur. Tidak tanggung-tanggung. Sudah enam minggu ia menderita susah tidur (insomnia). Pikiran mungkin susah disuruh berhenti.

Nah kalau kita susah tidur, ada berbagai cara yang kita lakukan. Saya misalnya berusaha membaca. Biasanya di tengah membaca, saya terlelap. Atau kalau saya punya banyak pikiran, cara itu tidak mempan. Saya berdoa, menenangkan pikiran. Saya berdoa mohon beban masalah saya diambil alih, atau dibantu penyelesaiannya. Sampai akhirnya saya bisa tidur. Cara ini selama ini manjur.

Saya hanya bisa menduga apa yang membuat MJ tidak bisa tidur. Kemungkinan besar ia tegang menghadapi konser-konser baru. Konon ia sudah dijadwal untuk tampil di 50 konser! Dan bagi MJ yang sudah lama tidak tampil, ia ingin menghidupkan kembali karirnya. Jadi dia tegang. Usianya sudah 50 tahun. Bagaimana caranya ia bisa tampil enerjik dan berhasil memuaskan penggemarnya.

Saya duga juga beban pikiran nya lebih dalam dari itu. Ia seperti sedang menghadapi kegelisahan. Apakah dia bisa comeback seperti Madonna, atau akan tenggelam selamanya.

Dan ini kelihatannya membuatnya tidak bisa tidur.

Dan berbeda dengan kebanyakan kita, MJ ternyata mengambil jalan pengobatan fisik, seperti propofol itu. Memang pada mulanya dia berhasil tidur. Tetapi kelamaan badannya mulai kebal. Dan dosis tinggi berakibat fatal. Itulah akibat penggunaan obat fisik.

Kalau penyebabnya ada di pikiran, maka selama pikiran tidak dibereskan, penyakit itu datang terus, bukan? Obat fisik hanya bisa membantu sebentar. Itu harus dibarengi dengan penyembuhan pikiran, penyembuhan mental, penyembuhan spiritual. Tanpa penyembuhan-penyembuhan ini, obat fisik akan gagal menyembuhkan secara sempurna.

Jadi meskipun dokter pribadi MJ sekarang dianggap pembunuh MJ, saya pikir tidak semudah itu. Saat kita gagal mengatasi ketakutan kita, gagal mengatasi kecemasan kita, takut akan masa depan, cemas akan karir, maka pikiran kita diharu-birukan oleh ketegangan. Dan ini membuat kita susah tidur. Kalau kelamaan berbagai fungsi fisik menjadi terganggu. Dan pengobatan fisik kemudian diperlukan, tetapi dalam jangkan panjang terjadi gangguan fisik di mana-mana, yang berakibat fatal.

Jadi saya pikir, kasus MJ ini adalah contoh kegagalan memelihara kesehatan dan kedamaian pikiran. Dan ini menimbulkan sakit insmonia, yang pada gilirannya memicu berbagai situasi negatif, terutama kebergantungan pada propofol itu. Pada titik tertentu, ini mengakibatkan cardiac arrest, dan kematian.

Jadi betapa pentingnya untuk menjaga kedamaian pikiran. Dan betapa banyak penyakit fisik itu datang dari kegagalan kita memelihara kesehatan pikiran. Saya ingin kita selalu menjaga pikiran kita. Membuatnya sejuk, indah, segar, dan damai. Seperti taman eden.


  1. Betul pak..memang orang bule begitu sih, ada sakit atau masalah sedikit, larinya langsung ke obat lagi. Padahal bisa jadi yang bermasalah adalah pikirannya.




Leave a Reply

