Owning What ?

Kalau anda ingin memiliki sesuatu, milikilah sumbernya. Milikilah mata air nya.

Kalau anda ingin hidup sehat, milikilah sumber kesehatan. Kalau anda ingin hidup pintar, milikilah sumber kepintaran. Kalau anda ingin hidup kaya, milikilah sumber kekayaan. Kalau anda ingin hidup bahagia, milikilah sumber kebahagiaan itu.

Terlalu sering orang berusaha memiliki sesuatu kemudian menyimpannya. Kemudian ia kuatir akan kehilangan itu. Ia cemas takut dicuri. Takut habis. Bukan saja ia menjadi pelit pada orang lain, ia bahkan pelit pada diri sendiri. Dan celakanya milik nya itu tidak membuatnya hidup tenang. Semakin kaya, semakin cemas.

Padahal kalau ia memiliki sumbernya, mata air nya, maka ia bisa hidup berlimpah.

Sekarang, apa mata air, sumber dari kesehatan? Pikiran yang tenang, damai, dan disiplin. Disiplin makan dan disiplin gerak.

Apa sumber pengetahuan?  Pikiran juga. Pikiran yang curious. Pikiran yang hormat pada ilmu. Pikiran yang segan dan sopan pada kesakralan revelasi pengetahuan. Sikap yang tidak menodai kebenaran. Takut akan Tuhan.

Apa sumber kekayaan? Pikiran juga. Ide inovasi. Kepedulian pada kebutuhan orang lain. Sikap bersyukur pada apa yang kita miliki. Sikap ingin memberi manfaat dari apa yang kita miliki itu bagi kemajuan kehidupan orang lain.

Apa sumber kebahagiaan? Pikiran juga. Kepekaan terhadap emosi. Latihan mengenali emosi negatif dan menyalurkannya. Latihan membangkitkan emosi positif. Sikap dan tindakan yang membahagiakan orang lain.

Sumber dari semua itu adalah pikiran kita. Mind.

Jadi marilah kita berdoa kepadaNya untuk senantiasa mengaruniakan pikiran-pikiran yang menjadi sumber semua itu. Supaya kita memiliki mata air kehidupan.

Jadi akhirnya, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semua itu.

Maka kita akan memiliki semuanya…

Advertisements

  1. kuke

    terima kasih buat pencerahan paginya, Pak ^^

  2. Kadang-kadang kepemlikan atas sesuatu tidak terlalu perlu, yg penting bisa memanfaatkannya …

  3. Kadang-kadang kepemlikan atas sesuatu tidak terlalu perlu, yg penting bisa memanfaatkannya …;. All the best!!




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: