Menahan Diri

Kalau ada satu kemampuan untuk sukses, saya rasa itu adalah kemampuan mengendalikan diri.

Peneliti psikologi pernah melakukan riset bertahun-tahun. Mereka membuat eksperimen kemudian mengamati perilaku sekelompok anak kecil. Dalam eksperimen itu, anak-anak kecil ini disuruh duduk mengeliling meja, kemudian setiap anak mendapatkan segelas eskrim. Cuma, ada instruksi. Mereka dilarang memakannya sebelum diijinkan. Barangsiapa yang patuh, akan mendapat hadiah eskrim segelas lagi.

Maka hebohlah anak-anak ini. Ada yang melolot. Ada yang berusaha mengalihkan perhatian. Ada beberapa yang tidak tahan, dan mulai memakan eskrim tanpa ijin.

Semua perilaku anak-anak ini dicatat dan diamati.

Bertahun-tahun kemudian anak-anak ini menjadi dewasa. Para peneliti kemudian mempelajari hidup mereka. Mereka mendapati bahwa anak-anak yang berhasil menahan diri dalam menghadapi godaan eskrim itu ternyata berhasil dalam hidup. Sedangkan anak-anak yang tidak bisa menahan godaan ternyata mengalami kegagalan demi kegagalan dalam hidup.

Kemampuan mengendalikan diri adalah kunci keberhasilan hidup.

Terkadang kita merasa Tuhan itu seperti mengganggu kesenangan manusia. Ia menurunkan perintah-perintah dan aturan yang merusak kesenangan orang. Maka kita yang berusaha menuruti perintahNya itu harus berjuang keras. Sedangkan untuk menuruti godaan yang buruk, kita kok gampang.

Sebenarnya Tuhan tidak butuh kepatuhan kita. Tuhan sudah terlalu besar untuk diganggu oleh pelanggaran kita. Yang butuh patuh itu kita. Yang butuh keberhasilan itu kita. Ia memberikan perintah-perintah itu karena Ia menyayangi kita. Karena Ia mencintai kita. Ia ingin kita berhasil. Dan Ia ingin bilang bahwa semua perintah itu adalah untuk kebaikan kita. Untuk keberhasilan kita.

Dan pada dasarnya perintahNya adalah pengendalian diri. Menahan diri. Kita hidup tidak lagi sembarangan, tetapi sesuai standar dariNya.

Oleh sebab itu, kemampuan yang harus terus dilatih adalah kemampuan mengendalikan diri. Kemampuan menahan diri. Bersyukurlah atas kemampuan ini.

Selamat beribadah puasa bagi anda yang menjalankannya. Selamat berbahagia.


  1. Cerita soal “the marshmallow kids” ya Pak ? http://grandis.wordpress.com/2008/09/22/the-marshmallow-kids/

  2. satu es krim saja cukup buat saya.

    yang satu lagi buat Pak Armein saja🙂

  3. wah, senang banget baca2 blog bapak lagi. makasih pak, dah sharing ilmu berharga. mengendaikan diri.😀




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: