Tanda dari Tuhan

Saya tahu Tuhan selalu menyertai hidup kita. Tapi ada saat-saat kita butuh tanda dariNya.

Terkadang saya mengalami kesulitan, kesusahan, bahkan ketakutan. Seperti Kamis kemarin saat saya ke Jogjakarta. Berangkat  jam 3 subuh dari BTC ke bandara. Tiba di Jogja jam 9 pagi, untuk acara jam 10 di UKDW. Tubuh saya mulai tidak enak, tidak nyaman. Selesai acara, saya sebenarnya bisa pulang. Tapi berhubung Jumat dijadwal di acara ristek untuk peluncuran Wimax di Jakarta, saya memilih menginap. Supaya tidak bolak-balik Jakarta Bandung.

Saya memilih menginap di penginapan sederhana milik koperasi masyarakat binaan Community Development Bethesda UKDW. Sore nya saya langsung istirahat karena perut terasa sakit. Bangun jam 6 badan sudah mulai lemah. Tapi saya jalan cari makan sendiri, dan cari obat. Begitu kembali, keadaan tambah buruk. Dan singkat cerita semalaman saya berjuang kesakitan, dan akhirnya ketakutan, sendirian di tempat menginap itu.

Besoknya saya berusaha pulang ke Bandung, dan saya membatalkan kehadiran acara di Ristek itu. Tiba di rumah sudah jam enam sore.

Saya tahu, Tuhan menyertai kita senantiasa. Tapi jujur malam itu ada saat-saat di mana saya menyerukan namaNya tapi hening tidak ada jawaban. Sebenarnya sudah berhari-hari sebelumnya, saya bertanya padaNya, tidak ada jawaban. Saya minta tanda dariNya, bahwa Ia ada bersama saya, tidak ada tanda. Dalam hati saya, banyak kegalauan.

Sampai tadi malam Ina, saya dan Marco pergi ke Giant. Kami berbelanja minggu sore. Tiba-tiba kami melihat ada iklan makanan, paket hemat di dalam giant. Saya mengajak Ina untuk menraktir Marco. Jadi kami pesan Kwetiau dan Nasi rames. Dua porsi makan bertiga.

Mendadak perasaan saya menjadi ringan. Kegalauan di hati saya seperti hilang. Pening di kepala saya reda. Saat kami beritga melahap makanan itu. Saat kami merasakan nikmatnya makanan yang sebenarnya sangat murah. Saat kami minum teh botol yang datang dengan paket. Saat saya melihat Marco memakan dnegan nikmat dan lahap.

Tiba-tiba suaraNya seperti berbicara, “Mengapa engkau memerlukan tanda? Lihat semua kecukupan yang Aku beri. Kalian masih bisa membayar makanan ini. Bahan makanan masih tersedia untuk di masak. Para pegawai masih mau memasakkan untuk kami. Dan kalian masih merasakan nikmatnya masakan hemat ini. Dan kalian merasa kenyang. Bukankah itu tanda Aku tidak pernah meninggalkan engkau?”

“Tidak semua yang engkau inginkan Aku kabulkan. Karena Aku menyiapkan yang lebih baik lagi. Yang pasti Aktu tidak pernah sedetikpun meninggalkan kalian…”

Ah, saya hanya bisa gemetar sukacita. Sambil menengok Marco yang penuh konsentrasi menikmati bagiannya.

Dan melihat pemandangan ini, saya melihat Ina tersenyum lebar. Waduh, ternyata selama ini Tuhan mengirimkan seorang guardian angel. Malaikat. Happened to be female. And she falls in love with me…


  1. supardi manurung

    Puji Tuhan klo bapak sudah merasa baikan.
    Memang terkadang kita butuh tanda dari Tuhan seperti yang kita inginkan tanpa kita sadari bahwa sebenarnya segala yang terjadi di dalam hidup kita adalah tanda dari Tuhan. Hanya bagian tersulitnya adalah bersyukur. Terkadang hidup ini hanya terfokus untuk mengeluh.

  2. Paragraf yang terakhir itu sungguh membuat saya ‘iri’

  3. halo pa.. lama ga ke sini, karena cukup beredar di fb🙂
    apa kabar? semoga sehat selalu. senang rasanya membaca tulisan bapa lagi.. membuat saya selalu teringat dimensi kehidupan sesungguhnya yang saya inginkan yaitu selalu bersama keluarga terkasih. seperti bapa dan ibu ina.

    btw pa. saya ingin ucapkan selamat ulang tahun. menurut percakapan fb (nah di fb memang mudah mendapat informasi hasil colongan :D); bapa berulang tahun tanggal 17 agustus ini.

    selamat pa, semoga senantiasa dikelilingi malaikat-malaikat indah. sehat ya pa..

  4. azrl

    @ayi: Terimakasih untuk ucapan selamat dan kunjungannya. Senang dapat kabar. Salam saya




Leave a Reply

