Flu Burung, Flu Babi

Betapa manusia masih harus belajar hidup di tengah berbagai penyakit.

Jaman purba, manusia mati oleh sebab-sebab fisik. Entah diterkam binatang buas. Entah tewas dalam peperangan. Entah dihantam bencana alam. Jaman sekarangpun, kita masih sering kesakitan bahkan mati karena kecelakaan fisik.

Kitapun belajar melindungi diri. Benteng pertahanan. Rumah. Mobil. Semua dibuat aman. Dan juga menjaga perdamaian. Jadi banyak aturan dibuat agar hidup kita aman dari gangguan fisik.

Setelah manusia tahu cara melindungi diri dari kecelakaan fisik, maka sumber kesakitan dan kematian terbanyak adalah oleh kuman-kuman. Bakteri. Amuba. Dan sekarang, virus. Ini sebenarnya seperti keracunan. Kuman-kuman itu (mikroorganisma) berkembang biak dalam tubuh kita, kemudian menghasilkan racun. Membuat tubuh kita tidak berfungsi.

Dengan berkembangnya ilmu kedokteran, penyakit akibat mikroorganisme mulai bisa teratasi. Kita menemukan antibiotika. Tidak sepenuhnya sukses. Tapi cukup spektakular. Kematian akibat penyakit seperti ini menurun.

Nah sebenarnya penyebab kematian dan kesakitan yang penting sekarang itu adalah penyakit seperti jantung, stroke, dan yang sejenisnya. Penyebabnya justru karena hidup kita berkelimpahan. Gaya hidup kita yang berlebihan ikut menimbulkan masalah.

Dan ternyata penyakit seperti ini berawal dari pikiran, mind. Kalau pikiran kita tidak damai, tidak jernih, tidak tenang, maka kita mudah stres dan tegang. Ini menimbulkan berbagai efek perilaku, termasuk makan berlebihan, malas berolahraga, susah tidur, alkoholisme, dan sebagainya. Akibatnya timbul penyakit jantung, stroke, maag.

Saya tidak punya statistiknya. Tapi saya berhipotesa bahwa penyakit seperti ini (yang berasal dari pikiran) sekarang mendominasi berbagai penyakit. Mendominasi berbagai penyebab kematian.

Sambil kita waspada dengan berbagai wabah virus, seperti flu babi, kita perlu ingat akan mewabahnya virus pikiran. Kuman pikiran. Yang juga mudah menular. Yaitu pikiran negatif, yang membawa kita pada stress. Virus ini, flu pikiran ini adalah penyebab terbesar kematian dan penderitaan mausia.

Advertisements

  1. Yah salah satu cara saya untuk menjaga kesehatan adalah mengatur pola makan. Saya pescatarian (vegetarian tapi makan ikan juga). Gula-gulaan, penyedap, pengawet, pewarna, sebisa mungkin saya hindari. Yah menurut statistika di USA, yang vegetarian murni umurnya 5-7 tahun lebih panjang daripada orang lain (maaf sumbernya saya lupa, karena bukunya lagi dipinjam, kapan2 saya tuliskan).

    Hal lainnya juga istirahat yang teratur, dan olahraga. Pikiran positif, beribadah, sering dengar lagu2 rohani, juga cukup membantu menjaga stabilitas jiwa dan roh 😀




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: