Pelit (2)

Orang pelit itu aneh. Dia kaya tapi miskin. Dia lebih senang mengumpulkan uang daripada memanfaatkannya.

Dahulu kala ada orang kaya yang diam-diam menimbun emas di sebuah kebun tersembunyi. Tiap hari ia pergi ke sana, menggali hartanya, menikmati pemandangan bongkahan emas, kemudian menimbunnya lagi. Suatu hari, pembantunya membuntutinya, dan mengetahui rahasia dalam kebun itu. Dan suatu malam, pembantu ini menggali harta itu dan melarikannya. Keesokan harinya, orang kaya ini menembukan bahwa emasnya sudah hilang dicuri. Maka menjeritlah ia dalam tangisan yang keras, sampai seorang tetangganya datang.

Ketika mengetahui apa yang telah terjadi, tetangganya ini memberi saran: “Mengapa engkau tidak mengambil batu, kemudian mencatnya dengan warna emas? Tiap hari engkau bisa melihatnya dan menganggapnya emas. Sebab engkau jelas tidak membutuhkan emas itu, selain untuk dilihat, bukan?”

Orang lupa bahwa harta baru bermanfaat saat digunakan, bukan saat dimiliki.

Uang yang disimpan ibarat air selokan yang dibendung. Di situ bisa muncul segala macam kotoran, kuman, dan bau busuk. Uang yang beredar dan mengalir bisa memakmurkan banyak orang. Tapi uang yang ditahan, apalagi yang menjadi hak orang lain, menimbulkan berbagai penyakit dan koruptif.

Mengapa orang bisa pelit? Itu karena dia takut jatuh miskin. Takut dia tidak punya apa-apa saat dia membutuhkannya.

Tapi dia lupa bahwa dengan berlaku pelit, dia kehilangan relasi dengan orang. Dia kehilangan kekayaan yang sebenarnya: penghargaan dan kemurahan sesamanya.

Jadi gunakanlah uang kita. Manfaatkanlah nilai uang kita untuk kebaikan. Kita jangan berlaku pelit. Karena orang pelit sebenarnya adalah orang termiskin di dunia…




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: