Pride

Pride can kill…

Suatu hari seekor singa mengejar kambing gunung. Terjadi kejar-kejaran yang seru. Sampai sang kambing gunung terjepit di ujung tebing, dengan jurang yang dalam. Dalam kondisi terjepit dan menyadari nyawanya terancam, kambing gunung mengerahkan semua kekuatannya untuk meloncati tebing, dan berhasil tiba di seberang.

Singa menghentikan kejarannya, menyadari jurang yang dalam.

Melihat semua kejadian ini, seekor serigala menghampiri singa, dan mengomentarinya. “Mohon maaf, sahabatku. Sebagai raja hutan, jangan sampai kambing itu lepas. Aku sangat yakin akan kekuatan dan kemampuanmu. Engkau sudah mencapai status legendaris. Dengan ancang-ancang yang cukup, raja hutan akan sanggup meloncati jurang ini. Tapi kalau engkau takut, aku mengerti…”

Panas hati Singa. “Lihat saja nanti,,,”, katanya. Lalu ia mengambil ancang-ancang, dan mengerahkan seluruh tenaganya untuk menyusul kambing gunung di seberang jurang. Tapi singa ini bukanlah kambing gunung yang langsing. Singa ini terlalu berat. Ia tidak mampu mencapai ujung tebing, dan terhempas ke dasar jurang, menemui ajalnya.

Apa yang dilakukan serigala?

Dengan santai ia menuruni jurang, menemui mantan “sahabatnya” yang terbaring, kemudian mulai menikmati menyantap dagingnya. Berhari-hari serigala tidak perlu berburu. Karena daging singa itu cukup untuknya, sampai tinggal tulang belulang.

Kisah dongeng dari Rusia ini memang kejam. Tapi ia memberikan pelajaran berharga tentang kebanggaan diri, pride. Orang hebat punya musuh berbahaya: kebanggaan diri. Karena kebanggaan diri ini, ia melakukan tindakan bodoh. Sampai mengakibatkan kekalahan dan kejatuhannya.

Tidak sedikit orang hebat dikalahkan oleh kesombangannya. Pride kills

Advertisements

  1. Benar sekali pak, pride kills. Repotnya klo passion & courage sudah mulai selingkuh dengan pride 🙂

  2. wah pak… seringkali saya berfikir apa yang paling sulit dihadapi saat kita sedang di atas angin…

    dan setelah membaca tulisan ini, saya mengerti… pride can kill… thx




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: