150 Tahun Untuk Madoff

Akhirnya Bernard L Madoff dihukum penjara 150 tahun, karena membuat penipuan piramida keuangan!

Madoff mengelola bank investasi. Orang yang punya uang banyak menyimpannya di bank Madoff, karena Madoff selalu memberikan bunga yang bagus. Akhirnya ketahuan, sebenarnya bunga itu datang dari tabungan juga, bukan hasil investasi. Jadi ini skema piramida, seperti Ponzi scheme. Keruan uang nasabah habis.

Dalam keputusannya, hakim menyebutkan Madoff sebagai monster yang mengerikan. Banyak tabungan hari depan orang habis. Dan para nasabah mengutukinya, melebihi kejahatan lain.

Apa yang mengherankan saya adalah betapa dalam orang terjerumus ke dalam kebergantungan pada uang. Memang skema Madoff ini luar biasa. Semua kaget saat penipuan ini terungkap. Tapi yang lebih mengagetkan lagi betapa bergantungnya orang pada uang, harta. Pasti semua korban itu tidak mengeluh, tidak heran, saat mereka masih menerima bunga yang tinggi. Senang saja. Giliran semua itu hilang, dunia seperti kiamat.

Apa benar hidup kita begitu bergantung pada saldo di bank?

Saya beruntung pernah miskin. Saat saya kuliah tingkat satu saya cuma punya uang Rp 15 ribu sebulan, untuk makan dan semua keperluan. Saat saya lulus, saya bergaji Rp 100 ribu perbulan. Saat saya baru kuliah di Kanada, keluarga kami tidak punya celengan. Habis semua untuk kehidupan sehari-hari.

Saya menyadari, it is nice to have money in bank account. Tapi sesungguhnya, fakta, begitu anda menyimpan uang di bank, anda sebenarnya tidak membutuhkannya. Semua yang kita simpan itu sebenarnya kita tidak butuh.

OK, orang dulu menyimpan beras di lumbung agar tidak kekurangan saat paceklik. Saat menghadapi gagal panen. Tapi uang itu tidak sama dengan beras atau padi. Ia itu kertas, hasil cetakan bank sentral. Dan selama pasar masih ada, uang selalu tersedia bagi mereka yang bersedia bekerja keras dan tidak gengsian. Karena uang itu alat tukar. Orang yang ingin mendapatkan uang harus memiliki sesuatu untuk ditukar dengan uang.

Kita akan terperangkap bila berpikir bisa mendapatkan uang dengan menyimpannya di suatu tempat. Seakan-akan ada lumbung ajaib. Anda simpan uang di situ, dan secara ajaib lumbung itu menggandakannya. Kayak takhyul bukan? Di Indonesia banyak dukun yang bisa mengklaim penggandaan uang. Kita bilang tidak percaya, tapi kita melakukan itu lewat bank seperti punya Madoff itu.

Jadi saya pikir pelajaran berharga ada dua prinsip. Satu: Jangan serakah, ingin mendapat uang banyak tanpa kerja, hanya meletakkan uang ke dalam lumbung ajaib yang namanya bank investasi. Dua: Jangan pernah berpikir masa depan kita akan cerah atau suram dengan tersedianya uang di bank. Seakan-akan kalau ada uang di bank, masa depan pasti cerah. Dan kalau uang itu hilang, dunia kiamat.

Madoff jelas bersalah dan layak dihukum. Tapi nasabahnya juga melanggar dua prinsip itu. Dan mereka juga terpaksa ikut terhukum bersama Madoff.


  1. Well put!

  2. badu

    Hoo, anti riba ya pak!

  3. Yang saya baca di buku Increase your financial IQ, Kiyosaki bilang “menabung di bank adalah investasi terburuk”

  4. “…Kita akan terperangkap bila berpikir bisa mendapatkan uang dengan menyimpannya di suatu tempat. Seakan-akan ada lumbung ajaib. Anda simpan uang di situ, dan secara ajaib lumbung itu menggandakannya…”

    Apakah ini termasuk “menyinggung” jutaan multilevel marketing di internet yang menawari penghasilan besar dalam waktu singkat, tapi tanpa produk yang jelas?😀

    Halaman depan situs-situs itu hanya dipenuhi dengan kata-kata persuasif yang berlebihan disertai dengan kesaksian-kesaksian TANPA penjelasan sistem aliran uang nya dan bahkan tanpa produk yang nyata.

    (maaf kalo kalimat saya agak keras😛 semoga ngga ditangkap polisi internet hihihi…)




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: