Guru Matematika

Hebat juga ada guru matematika SMA yang mampu membuat seluruh sekolah lulus ujian nasional dengan gemilang.

Ina dan saya mengikuti acara wisuda SMA Kezia kemarin. Acara cukup panjang, terlebih bagi keluarga wisudawan. Semua sudah sibuk sejak 6:30 pagi, dan acara baru selesai hampir jam 2 siang.  Saya sampai harus cepat-cepat ke kantor karena ada rapat jam 2:30.

Kezia masuk IPS. Biasanya orang masuk IPS karena takut pelajaran eksakta, seperti matematika.  Tapi tidak bisa menghindar bukan. Matematika tetap diperlukan. Bahkan ada ujian nasionalnya segala. Jadi semua murid jantungan juga.

Dan SMA Kezia ini bagus, tapi bukan seperti SMA-SMA favorit yang terkenal itu, di mana orang berebut masuk. Ini sekolah yang normal-normal saja. Predikat kelulusan ujian nasionalnya pun memang banyak A, tapi tidak jarang B, bahkan C. Jadi sebenarnya, ada yang tidak terucap. Mereka tidak bisa bersaing dengan anak-anak lain, sehingga mereka masuk SMA ini.

Ina dan saya juga ikut jantungan. Kezia bisa lulus nggak ya? Karena rapot matematikanya suka kurang bagus.  Tapi heran, begitu kelas tiga, Kezia sering nyeletuk. Guru matematikanya bagus. Kezia bisa ngerti.

Rupanya mujur sekali. SMA ini punya guru matematika jagoan.

Punya dedikasi. Kalau ada siswa tidak mengerti, dia tahan jangan pulang dulu.  Diajarkan lagi, diajarkan lagi.  Terkadang bisa sampai lewat jam tujuh malam, dia menjelaskan sampai semua ngerti! Dan tidak usah bayar. Wah mana ada guru yang seperti itu.

Dan galak. Kalau ada murid main-main, dibentaknya. Jadi tidak ada yang berani seenaknya. Jadi murid pada takut padanya, dan menyimak dengan serius.

Hasilnya luar biasa. Seluruh SMA lulus matematika, dan banyak yang mendapat skor sempurna.  Nilai rata-rata seluruh sekolah 9.21.

Saya tercengang. Saya sudah sering mendengar guru yang hebat, sehingga anak didiknya ada yang bisa juara. Tapi guru yang bisa mengangkat seluruh sekolah mencapai nilai 9.21 itu belum pernah saya dengar.

Guru yang bagus bisa membuat anak berbakat memperlihatkan kehebatannya. Tapi guru yang luar biasa adalah guru yang bisa membuat anak “biasa-biasa saja” mencetak skor maksimal. Pada mata pelajaran yang menakutkan murid. Itu baru benar-benar hebat!

Saat guru-guru berprestasi dipanggil ke depan menerima penghargaan, semua bertepuk tangan. Tapi saat guru matematika itu dipanggil ke depan, para wisudawan menjerit, berdiri, dan bertepuk tangan. Standing ovation.

Dan saya bisa merasakan apa yang wisudawan rasakan.  Guru ini memang galak. Tapi dia mampu membuat mereka mencapai apa yang mereka tidak bisa bayangkan. Dia mampu membuat mereka percaya diri kembali, bahwa mereka bisa mencetak angka 10 di UN matematika. He made them achieve greatness...

Ah, pengalaman ini membuat saya humble. Begitu jelas apa yang dinginkan anak didik. The world tells us we are second rated. So often that we start to believe it. Please prove the world wrong, and turn us into first rate persons…


  1. Hebat ya…
    Guru idola saya sejak SD sampai SMA selalu guru matematika. Saya beruntung selalu ketemu dengan guru matematika hebat…🙂

  2. kanadi

    ketika SMA, guru Matematika saya bercerita tentang kegagalannya masuk ke ITB meskipun sudah ia coba berkali-kali selama beberapa tahun ketika beliau muda. Oleh karena itu, dia merubah keputusannya untuk menyebabkan anak didiknya mampu untuk memasuki ITB. Kami di-drill dengan per hari menelan 50 soal integral (yang paling momok ketika SMA), kalau ada yang sudah selesai, diberi 50 nomor lagi.
    Setiap kali beliau bercerita tentang cita-citanya masuk ITB, beliau selalu membuat murid-muridnya terpana dan terbakar semangatnya.
    Saya sungguh mengakui, keberhasilan saya masuk ITB dan lulus dari ITB adalah berkat jasa beliau..
    Ibu guru Matematika saya ketika SMA.

    Terima kasih Pak sudah mengingatkan kembali jasa beliau.

  3. Kenapa guru / dosen favorit banyak yg matematika ya ? Mungkin matematika sendiri sudah merupakan ilmu yg “asyik” … Kalau guru / dosennya “asyik” maka dampaknya pasti luar biasa …

  4. purnomo

    Wah, salut deh…
    Ternyata masih ada guru yang begitu dedicated…..:D

  5. Supardi Manurung

    Wah hebat tuh guru kayaknya, perfect.
    Dulu waktu SD sampe SMA aku selalu suka yang namanya matematika dan selalu dapat nilai lumayan. Tapi waktu kuliah nilai saya yang berhubungan dgn Matematika selalu anjlok, faktor dosen kali ya, huah..ha..ha.
    Bravo matematika dan bravo para guru/dosen matematika.
    God bless

  6. ntz

    Wah, bener-bener mantap guru yang satu ini pak. Salut😀 .

  7. lovetodraw

    terimakasih telah membagikan berita luar biasa ini,

    ada seseorang yang begitu TOTAL dalam pekerjaannya!

    menggali potensi tersembunyi seseorang,dan mampu membantu mereka meraih sesuatu yang bahka mereka pribadi tidak pernah bermimpi akan mampu meraihnya!

    Superb!

    standing ovation memang layak diberikan pada beliau.
    (sayang,saya tidak hadir di tkp saat itu^__^)

  8. luar biasa guru matematika dalam postingan ini😀

  9. Seorang pendidik yang luar biasa. Mudah2an banyak pendidik seperti beliau di sekolah2 lain.

  10. dulu saya juga punya guru matematika seperti itu di SD, namanya Pak Tomi.
    Beliau rela memberikan “les gratis” di pagi hari sebelum jam sekolah (mulai pukul 6) dan membuat pelajaran matematika terasa sangat meenyenangkan.
    Salut untuk guru-guru berdedikasi seperti ini!🙂




Leave a Reply

