Cara Cepat Install Puppy Linux di Netbook

Cara paling cepat pasang Puppy Linux adalah dengan meng-copy file isi Install CD ke sebuah direktori, dan pasang grub loader versi DOS untuk boot dari direktori itu. Tanpa perlu partisi khusus.

Saya ingin memasang Linux di netbook kantor saya, Lenovo S10.Saya sudah sangat bosan dengan urusan virus di Windows.

Netbook ini memiliki Windows XP home edition, pre-installed. Tapi ia tidak punya CD ROM drive. Kita bisa pasang Puppy menggunakan USB flash drive. Tapi biasanya ini butuh flash kosong, dan butuh kemampuan boot dari USB. Saya kurang suka, karena tidak semua bios bisa mendukung boot USB, dan juga saya tidak sempat cari flash disk kosong.

Yang saya lakukan sebagai berikut.

  1. Dari Windows, download Virtual CD dari Microsoft. Ini program kecil yang bisa membaca iso file dan me-mount nya menjadi CDROM virtual.
  2. Download Puppy Install CD iso file. Attach dan mount file ini menggunakan virtual CD, menjadi puppy install cdrom. Saya mendownload Puppy versi 4.21.
  3. Download grub4dos. Kita perlu file gldr untuk diletakkan di root C:\.
  4. Buat direktory puppy421 di C:\ kemudian buat sebuah file dummy idehd di situ. (Puppy linux butuh file ini untuk boot).
  5. Copy isi puppy cdrom ke direktori c:\puppy421. Jangan lupa ubah semua filename ke lowercase, karena CDROm cenderung membuat nama dengan uppercase, sedangkan linux itu case sensitive. Anda sebetulnya hanya butuh file vmlinuz, initgrd, dan pup_421.sfs. Tapi tidak-apa apa karena file lain berukuran kecil sekali.
  6. Buat file menu.lst di c:\ untuk dibaca oleh grubloader. Isi disitu informasi boot puppy dari direktory c:\puppy421.
  7. Modifikasi file c:\boot.ini untuk menambah perintah c:\gldr
  8. Windows di restart, dan voila,  kita bisa punya pilihan boot windows atau Puppy saat komputer diboot.

Sekarang Netbook kantor sudah jalan Puppy Linux 4.21. Xorg langsung menemukan resolusi aneh S10 1024×576. Tanpa partisi baru. Tanpa CDROM. Tanpa boot USB. Nice….

Oh ya, Netbook Lenovo S110 ini menggunakan Broadcom wireless LAN BCM4312 USB. Puppy 4.21 kelihatannya tidak support. Tapi saya bisa menggunakan ndiswrapper. Jadi sekarang wifi nya sudah jalan juga.


  1. Salah satu fitur Puppy Linux: bisa install ke direktori, tidak perlu partisi khusus. Jangan lupa install firefoxnya yah.. pak😉

  2. spertinya keren dan mantap ini tapi saya lum terlalu paham itu, saya pahami lagi deh tar hehe

  3. rudjuandi

    gak bisa pake bahasa yang lebih ggapang dimengerti ya?

    bingung bacanya….

  4. saia sajah

    sekarang ini kebanyakan distro yang live bisa seperti itu….
    grub4dos memang bagus…

  5. isi menu.lst nya seperti apa???

  6. azrl

    @toni: Isinya antara lain
    title Puppy Linux 4.21
    rootnoverify (hd0,0)
    kernel (hd0,0)/puppy421/vmlinuz pmedia=idehd psubdir=puppy421 nosmp
    initrd (hd0,0)/puppy421/initrd.gz
    boot

  7. proof

    cara bibkin file dummy idehd itu gimana? tnk’s

  8. proof

    # Modifikasi file c:\boot.ini untuk menambah perintah c:\gldr

    tolong jelasin donk

    • azrl

      @proof: cara bikin file dummy itu gampang. Buat file kosong (misalnya dengan New File di explorer) kemudian beri nama ‘idehd’. Oh ya ini hanya valid kalau harddisk kita jenis IDE. Kalau jenis harddisk lain (seperti SCSI, Serial ATA) nama file harus diganti dgn yang sesuai. Cuma maaf saya lupa.

      Ttg modifikasi file ‘c:\boot.ini’, asumsi kita menggunakan windows, kita harus buka direktory C: dengan file explorer. Jangan lupa ubah view supaya bia melihat hiddn file. Di situ ada file text bernama ‘c:\boot.ini’. Nah ubah dulu permission nya menjadi writeable (karena ini biasanya read only). Baru edit dengan text editor. Di situ ditambahkan satu baris dengan tulisan ‘c:\gldr’. Jangan lupa mengcopy file gldr.exe ke situ ya, ambil dari paket grub for dos. File ini adalah grub boot loader, yang didesain untuk dos/windows.

  9. adi

    Menarik mas, tapi saya belum coba, baru tahu kalau ada cara sederhana untuk dual booting puppy linux – windows begitu, terima kasih banyak infonya.

  10. jefry

    hai, mas….. aku ada pertanyaan nich…… aku udah install puppy4.2 ke komputerku, dan telah aku tambahkan aplikasi spt firefox untuk browsing, xine untuk multi media……. dan semuanya berjalan dg baik, tapi aku bingung bagaimana cara memunculkan icon2nya ke layar desktop (karena tiap kali aku menjalankanya slalu klik kanan pada desktop lalu bisa masuk ke iconnya) terimakasih untuk jawabanya (ohya… kalau bisa jawabanya dilemparkan aja ke emailku; “half74@yahoo.com”) salam puppy

  11. gun

    sy udah coba dnld grub4dos tp ga dapat nama file gldr.exe, ada file lain namanya grldr.file dan grubinst.exe. di versi berapa sy bisa dapat gldr.exe? thankyu

  12. hprasaj

    wah pusing…kurang detail sih..

  13. wah info yang lagi saya cari nih, kebetulan lagi demen sama puppy,

    mau nanya nih, saya sudah instal puppy lewat live cd, trus sudah saya instal di hardisk juga,

    cuma bingung, gimana supaya komputer itu ngebaca file puppy tadi, soalnya nggak bisa,

    apa karena nggak ada grubnya??

    oh iya, saya instal puppy yg versi terbaru, didalam folder yg sudah di instal ada file : ATAHD , initrd.gz , lupu-501.sps , vmlinuz

    jadi yang perlu ditambah apa ya pak??

    terimakasih atas tanggapannya…

    • azrl

      Ya saya duga karena tidak ada grub nya. Grub itu yang membuat komputrer kita bisa boot dan membacar Puppy linux saat dihidupkan. Coba install GRUB. Goodluck!

      • Pak, saya masih awam tentang linux , sedang belajar,
        Jadi cara nginstall grub pun belum paham,
        saya sudah mencoba menginstall grub melalui puppy, cuma belum bisa terus,

        bisa minta tolong kasih tutorialnya pak??
        terimakasih banyak atas bantuannya,…

        sekalian ijin share artikel diatas buat di blog saya, http://www.aslibumiayu.wordpress.com

      • azrl

        @Maulana. soal share, silahkan dengan senang hati.

        Tutorial grub saya belum sempat buat. Untuk sementara search di google saja ya. Cari grub4dos, jangan grub yang lain. Supaya bisa dipasang ke direktori c:\ seperti program windows lainnya. Semoga berhasil

    • sudah bisa pak,

      ada kendala lagi, gimana cara nambah/nginstal font di puppy?

      terus cara nambah driver printer, karena tdk ada di puppy drivernya??

      bagaimana cara sharing folder di puppy, kalau di ubuntu sih sudah bisa,

      terimakasih,

  14. sin

    Minta link untuk file gldr nya donk mas, nyari-nyari dari kemaren gak dapet-dapet nih…

    • azrl

      @sin: lupa di mana, tapi gldr itu bagian dari grub4dos. Jadi kalau dapat grub4dos, pasti ada glder nya. semoga sukses

  15. rizq

    kog setelah saya download puppy linux 5.1,tyuz saya pindah k cd kog gk terbaca ketika menghidupkan komputer ,,,,
    tolong bantu donk ,,,
    cara instal y ,,,

  16. Lilik Lhusniyah

    Wah hebaT sekaLi maZ dengan cara yang sederhana seperti itu.Kalau begitu saya akan mencobanya……………………cara itu mempermudah saya/membantu saya untuk penginstalan linux pupPy yang pada awalnya saya nggak tau apa itu linux puppy…………..

  17. mendoza

    ha…ha… ga mudeng q…
    klo dkasih gambar kayanya lbh mudah dipahami…🙂

  18. dangwt

    Saya coba ikuti petunjuknya.
    Hasilnya sebagai berikut setelah di boot:
    -Tampil prompt untuk dua pilihan, namun teks Title untuk Puppy-nya tidak muncul.
    -Saya coba juga dengan panah ke bawah, muncul sorotan putih tanpa teks. Saya enter dan hasilnya pesan error: ‘File Missing, \system32\hal.dll
    Bagaimana solusinya?
    Trims,
    dangwt

  19. Joko sunyoto

    Bagaimana install printer yg driver nya tidak ada, aku pakai IP1980 kok tidak bisa, mohon solusi……

  1. 1 Puppy Saved My Life « Armein Z. R. Langi in the City of Eden

    […] bawa ke komputer saya yang macet itu, dan kemudian saya ikuti petunjuk yang saya pernah tulis di sini untuk memasang Puppy […]




Leave a Reply

