Belajar = Berubah

Banyak siswa menderita di sekolah karena ia belajar untuk lulus ujian. Padahal belajar yang sejati adalah melakukan perubahan dalam diri kita.

Mengapa kita mengalami kesulitan belajar?  Mengapa kita stress di sekolah atau di kampus?

Karena kita belajar untuk lulus ujian.  Kita berusaha bisa menjawab dengan tepat di ujian. Dan ini sangat sukar.

Belajar yang tepat adalah melakukan perubahan dalam diri kita, dalam pikiran kita, dalam keterampilan, dalam sikap kita.

Belajar artinya berubah.

Kalau anda tidak berubah akibat belajar, maka anda sebenarnya belum belajar. Dan tidak heran anda akan mengalami sakit kepala saat ujian. Anda harus menjawab sesuatu yang bukan bagian dari diri anda. Itu pusing sekali.

Bagaimana agar sesuatu menjadi bagian dari diri anda?

Pengulangan, percobaan, trials. Diulang-ulang, terus-menerus, sampai bisa. Soal yang sama diulang terus sampai bisa. Sampai “hafal”.

Saya menggunakan tanda petik “hafal”. Maksudnya internalisasi. Terserap. Sehingga ia bisa keluar tanpa mikir terlalu banyak. Seperti refleks.

Maka di ujian kita bisa menjawab dengan cepat.

Dan ini juga kunci sukses dalam hidup. Kita tidak pernah berhenti mencoba. Dan pada setiap percobaan, kita belajar. Artinya hasilnya kita gunakan untuk mengubah diri kita. Mengubah pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan cara. Kemudian coba lagi.

Jangan sombong: “This is my way of doing. Cara saya ya begini…” Kalau tidak berhasil, mengapa cara itu harus dipertahankan?

Siklus sakti adalah sebagai berikut: (1) mencoba, (2) cek hasilnya, (3) belajar, (4) berubah, dan (1) mencoba lagi. Demikian seterusnya.

Saya pikir kita harus belajar seumur hidup.  Dan ini berarti kita harus terus berubah. Tanpa ada perubahan dalam diri kita, khususnya kebiasaan kita, maka proses belajar pada hakekatnya gagal.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: