Saling Mengerti

Bagaimana cara orang bisa saling mengerti?

Tidak jarang saya mendengar kekesalan seseorang karena ucapan atau tindakan orang lain.

Sebenarnya ucapan itu biasa saja, misalnya “Gitu aja kok nggak bisa sih?”. “Hasilnya kok cuma seperti ini?”

Tapi di balik ucapan itu ada asumsi, ada praduga, ada sindiran, ada pernyataan bahwa kita itu jelek, kurang ini, kurang itu. Usaha kita tidak dihargai.

Komunikasi baru lancar kalau asumsi yang digunakan itu sama. Komunikasi baru nyambung kalau standar ekspektasi yang digunakan itu sama.

Misalnya saya tentu berharap mahasiswa tingkat satu bisa memecahkan persamaan kuadrat. Tapi saya tidak bisa mengharapkan itu pada anak SD. Anak SD itu belum cukup belajar. Masih muda.

Jadi kalau kita ngomel tentang persamaan kuadrat pada mahasiswa tingkat satu, “Gitu saja kok tidak bisa?” kita masih OK. Tapi kalau kita ngomel hal yang sama pada anak SD itu, maka kita tidak reasonable.

Demikian juga dalam percakapan kita.  Kita yang lebih tua haruslah lebih bijaksana. Lebih sabar. Karena kita sudah memiliki kemampuan, perbendaharaan kata, pengertian, dan standar yang lebih tinggi. Kita tidak bisa otomatis menganggap orang yang lebih muda itu punya pengertian, apalagi standar yang sama.

Jadi kalau orang lain berkata-kata yang membuat kita marah atau kesal, kita harus menarik nafas panjang. Belum tentu standar kita dilanggar. Belum tentu dia mengerti mengapa kita marah. Ia simply bereaksi  berdasarkan pengertian dan standar yang dia miliki.

Saling mengerti bisa dibangun saat kita berusaha mengerti framework berpikir orang lain dan berusaha beresonansi, menembus dan masuk ke dalam pikirannya dengan efektif.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: