Suasana Hati

Menjaga suasana hati itu sangat penting. Terlebih saat kita hendak membuat keputusan penting.

Dalam banyak tugas kita, kita harus mengambil keputusan. Keputusan itu bisa berakibat besar bagi jalannya rencana kita, atau keberhasilan tugas kita.

Saya suka heran. Menghadapi persoalan yang sama, kita bisa mengambil keputusan yang beda. Mengapa bisa begitu?

Penyebab utamanya adalah suasana hati. Bila suasana hati kita gembira, maka kita relatif bisa antusias menghadapi masalah. Pikiran kita terbuka. Berbagai kemungkinan yang menarik bisa kita pilih.

Sebaliknya, bila suasana hati kita sedang buruk, maka pilihan solusi menjadi terbatas. Kita secara emosional tidak siap untuk mencari berbagai alternatif solusi.

Tidak jarang kita ada dalam kondisi stres, atau kecewa, atau tegang. Suasana hati harus segera dipulihkan. Kalau tidak maka kita akan bergerak seperti orang panik. Kualitas keputusan kita tidak baik.

Saya selalu berusaha menjaga kegembiraan hati saya. Dalam berbagai keadaan. Ini penting untuk menjaga kejernihan melihat keadaan.

Memang tidak selalu berhasil ya. Kalau kondisi sedang memburuk, sukar sekali bagi kita untuk tersenyum, apalagi tertawa.

Tapi kita harus belajar mengatasinya. Karena itu sangat penting agar kita bisa tetap kreatif dan fun dalam setiap keadaan.


  1. xan

    Numpang komentar Pak..

    Saya setuju dengan Anda. Kala kita galau, keputusan yang kita ambil pasti terdeviasi dari tujuan yang sebenarnya. Namun saat hati ini terpicu oleh gairah yang kuat untuk mencapai sesuatu, rasanya proses yang harus dijalani berlalu begitu saja dengan ringan.

    Joe Vitale, penulis buku “Law of Attraction” mengatakan bahwa jika kita menginginkan sesuatu maka rasakanlah dulu sesuatu itu seakan-akan sudah kita miliki. Barulah setelahnya kita lalui proses yang diperlukan sambil tetap bergembira karena sesuatu itu sudah menjadi milik kita.

    Milikilah mimpi kita, maka mimpi itu akan mencari kita dan berubah menjadi kenyataan.

  2. ndank

    mau tnya ne,sebelumnya q mnta maf dlu udah ngrepotin.
    kadang2 kalo tengah mlem q sering gk bsa tdur truuz terfikir d piran yang gk2, jd paz q bangun gk sadar lw semlm biz mikir yang anh2,pikran terasa gk karuan,sebenarnya itu suasana hati yang kayak mana sih?dan untuk mencegah biar gk terjadi sesuatu yang bsa mrugikan diri gmn?
    pa yang hruz kta lakukan?

  3. yatibasri

    setuju…kita memang harus tetap istiqomah dan terus belajar untuk tetap menata suasana hati kita

  4. zacky4style

    http://silaturahmikita.wordpress.com/
    comment :
    Ada baiknya mengendalikan hati dengan melakukan bina suasana terlebih dahulu, moga membantu.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: