How I connect to the Internet

Saya sedang belajar menghayati cloud computing. Dalam skala kecil dahulu.

Mungkin tidak banyak orang tahu, sumber daya komputasi itu bertebaran di mana-mana. Dan kita bisa memanfaatnya dengan mekanisme sharing.  Konsep memanfaatkan resources di jaringan secara virtual dan transparan untuk komputasi disebut cloud computing.

Sebagai contoh, komputer saya ini adalah sebuah komputer pentium bekas. Saya menginstal Kubuntu di sini.  Saya juga memasang Wifi USB stik untuk kebutuhan jaringan.  Jadi komputer ini bisa terhubung pada server PPTIK melalui Wireless LAN.

Server PPTIK ini adalah server Ubuntu yang memiliki resources printer, scanner, dan sebagainya.  Juga merangkap Router.  Semua kami di PPTIK menggunakan server ini untuk kerja sehari-hari dan sharing komputasi.

Tapi saya juga memiliki account di sebuah server Windows di rektorat.  Server ini sering digunakan untuk update windows. Rektorat dan kampus utama, tempat PPTIK, terhubung dengan fiber optics.

Nah saya menulis blog ini dengan memanfaatkan windows server di Rektorat tersebut. Kubuntu di meja kerja saya memiliki program Terminal Server Client yang bisa saya gunakan untuk login ke server windows di rektorat itu.  Dan saya bisa menggunakan server ini dari jauh, termasuk menjalankan web browser Firefox untuk masuk ke wordpress dan nulis blog ini.

Cara penggunaannya sederhana, tapi di balik itu saya sedang memanfaatkan resources yang di shared dgn banyak orang. Rute interkasinya cukup jauh.  Dari meja saya, komputer saya mengkases browser itu  melalui Wifi ke network PPTIK, kemudian masuk ke server-router Ubuntu, masuk ke jaringan fiber optik kampus ITB, di kirim ke rektorat, baru masuk ke komputer windows server.  Dari situ baru saya mendapatkan layanan Internet.

Model ini perlu dikembangkan nanti menggunakan virtual computing dan virtual networking. Saya menginstal VirtualBox di komputer saya. Saya bisa kemudian menginstall OS apapun di situ, termasuk windows. Saat saya butuh, misalnya Proceedings ITB menuntut file Microsoft doc, saya bisa melaunch windows melalui VirtualBox di dalam mesin kubuntu saya. Di masa depan virtual windows itu bisa jalan di komputer orang lain yang sedang menganggur, sehingga saya tidak perlu beli lisensi dan bahkan tidak perlu beli hardware canggih. Share saja.

Dalam bayangan saya, model ini yang perlu dikembangkan untuk masa depan computing di Indonesia, termasuk Internet pedesaan. Model sharing. Model cloud computing.


  1. saya masih sangsi dengan jargon cloud computing. dari cerita bapak, sepertinya sudah terpengaruh oleh kalangan virtualisasi.. menurut saya malah lebih tampak membuat sky country.. mungkin tidak lagi di darat, tapi isinya tetap alat-alat dan bangunan berat (masih teknologi darat). yang seperti ini sepertinya untuk diterapkan di pedesaan masih terlalu mahal Pak..

    kita perlu cloud computing yang bersih, indonesian-minded (murah & lightweight).. tapi saya juga masih belum dapat ide yang paripurna, masih kumpulan potongan2 puzzle kecil dari citra yang besar..

  2. hamka

    Membuat virtual computing dan virtual networking tetap membutuhkan infrastruktur pak. Beruntung di kampus, backbone sudah fiber optik, jadi sangat cocok untuk memanfaatkan sharing aplikasi /resource dalam jaringan kampus.
    Lha kalau koneksi internet byarpet, buka file doc pakai google apps saja sampai 10 menit 😀

  3. downloadnext

    HI, What language is this?

  4. kalo kami di lab udah biasa dengan mstsc, xming dan rdesktop pak,,, hehehe….

    mstsc untuk konek ke desktop windows lewat windows, xming uktuk konek ke desktop Linux dari Windows, dan redesktop untuk konek ke desktop Windows dari Linux…

    Itu udah bisa disebut cloud computing ga pak??

  5. Saya baca aja pak…ga mudeng…hehehe
    Makum kalau ada masalah di kompie, langsung teriak minta tolong…..




Leave a Reply

