Api Dalam Hati

Jangan padamkan nyala api di dalam hati.

Api adalah salah satu penemuan terbesar manusia. Dengan api kita bisa membuat apa saja, mulai dari masak makanan, menerangi kegelapan, menghangatkan kedinginan dan kebekuan, menggerakkan mesin, sampai pada berproduksi di pabrik.

Menurut legenda Yunani, api adalah curian Promotheus dari kayangan untuk umat manusia. Untuk itu ia mengalami penyiksaan kekal.

Mengapa api begitu penting? Karena ia memiliki efek transformasi. Ia representrasi murni dari energi, lengkap dengan segala kegunaannya.

Di dalam setiap hati ada api kehidupan. Api yang menyala, mendorong kita semua untuk berkarya untuk menikmati kehidupan. Api yang menggerakkan inisiatif kita. Api ini yang membuat kita bersinar, menghangatkan sekeliling kita. Menerangi sekeliling kita.

Salah satu bencana di jaman dulu bagi sebuah keluarga adalah saat api padam. Saat tidak ada nyala api lagi dalam sekam. Semua panik.

Oleh sebab itu api dipelihara dengan penuh kehati-hatian. Dijaga. Diberi tambahan bara. Ditiup. Dilindungi dari air dingin atau angin yang memadamkan.

Kebanyakan kita sebenarnya seperti itu. Harus menjaga nyala api dalam hati itu. Karena sekali padam, sukar sekali untuk dinyalakan. Dan itu adalah bencana besar.

Bersyukurlah bahwa orang belajar bagaimana menimbulkan api. Membuat api. Mulai dari menggosok-gosokkan kayu, menggunakan titik matahari dengan kaca pembesar, sampai pada korek api dan pemantik berbasis gas.

Kita juga perlu belajar memicu api dalam hati kita. Belajar membangkitkan nyala api itu. Sehingga kita selalu hangat dan bercahaya.

Advertisements

  1. rizki

    Api membakar banyak, tapi menerangkan hanya sedikit.
    -GM-

  2. Yup…betull.
    Udah beberapa hari bad mood nih, padahal nanti pontang panting menyelesaikan kerjaan sebelum dead line.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: