Hari Terakhir Kuliah

Hari ini hari terakhir saya mengajar semester ini. Sebentar lagi libur musim panas.  Cepat sekali waktu berlalu…

Saya mengajar dua mata kuliah semester ini. Pemrosesan Sinyal Digital (tingkat 3, prodi teknik elektro) dan Sinyal dan Sistem (tingkat 2, prodi sistem dan teknologi informasi). Kedua kuliah ini sebenarnya berkaitan.  Saya sudah mengajar ini sejak tahun 1980an, jadi untuk saya menyiapkan kuliah ini relatif mudah.

Dalam kuliah-kuliah ini, kita bicara penggunaan bilangan kompleks untuk memecahkan persoalan sistem pemrosesan sinyal. Jadi mahasiswa yang tidak senang bilangan kompleks akan menderita batin sepanjang semester. Tugas saya memang membuatnya interesting. Tidak selalu berhasil, kayaknya…🙂

Tapi matematika adalah bahasa untuk berpikir.  Setelah itu mahasiswa harus belajar menerapkannya, terutama menggunakan komputer. Kedua ilmu ini memberikan dasar untuk penggunaan komputer bagi pemrosesan sinyal dalam alam, mulai dari sensor cuaca, sampai pada biomedis, dan bahkan sampai ke dunia hiburan seperti digital music dan video.

Dengan selesainya semester ini, seperti biasa saya mencoba mengevaluasi. Perbaikan apa yang hendak saya lakukan tahun depan.  Untuk kuliah Sinyal dan Sistem, saya berencana untuk membuat lebih banyak latihan, kuis, dan excercises. Untuk kuliah Pemrosesan Sinyal Digital, saya hendak memindahkan ruang kuliah ke Lab DSP.  Supaya mahasiswa bisa langsung hands-on di atas komputer.

Semoga tahun depan kuliah-kuliah ini lebih fun lagi…


  1. yaaah,, koq udah Tahun Akademik baru?? Hmm,,, semoga Tahun depan lebih baik buat semua,,,

    BTW, ada ya libur musim panas itu, Pak??

  2. albert

    yah… semester depan aja pak PSDnya … biar saya ikutan pak Armein

  3. hamka

    terima kasih pak sudah mengajar kami
    walau masih banyak yg belum dimengerti di DSP, setidaknya isi kepala saya lebih berisi dari awal semester…🙂
    asik tuh, kuliahnya langsung praktek
    klo di kelas DSP keliatan isinya cuma persamaan simbolik, tapi pas ngerjain tugas keliatan langsung pusingnya dengan angka…🙂 , jadi emang cocok kalo langsung di depan komputer.

  4. arif

    Kunjungan Pertama Blog. Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikelnya ya. Ini alamatnya http://arifust.web.id

  5. Setuju setuju..

    Kl bisa tugasnya diupload ke web sekalian Pak. Ntar saya bantu sumbangin ide menarik untuk latihan dengan 8-bits / 32-bits MCU. Biar ada real hands-on nya.

  6. Kayaknya bisa efektif ya kalau sistem “moving class” seperti yg direncanakan Pak Armein ? Tidak perlu semua kuliah tapi kuliah yg perlu langsung eksperimen …




Leave a Reply

