Empati

Tadi siang saya baca artikel koran hari ini yang membuat saya diam-diam menangis.

Sebuah rumah di Bekasi terbakar kemarin.  Tiga orang meninggal: ibu, bayinya 7 bulan dan puteranya 10 tahun. Saat mereka ditemukan sang ibu dalam posisi menyusui bayi, dan sang putera memeluk ibunya keras-keras. Ayah mereka terluka parah saat gagal menyelamatkan mereka.

Emosi kita yang kuat muncul karena empati. Empati adalah kemampuan untuk merasakan perasaan orang lain.  Kemampuan untuk membayangkan seakan-akan kita yang mengalami tragedi itu.  Dengan empati, kita bisa membayangkan tanpa harus mengalaminya langsung.

Empati ini sebenarnya salah satu kekuatan yang paling berharga.  Kita bisa membayangkan perasaan orang dan kemudian bertindak dengan sesuai. Kita bisa mengerti kesulitan orang lain dan berusaha menolongnya.

Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang berempati dengan pelanggan. Orang tua yang berhasil adalah mereka yang berempati dengan anak-anaknya.  Dosen yang berhasil adalah mereka yang berempati dengan mahasiswanya. Dokter yang berhasil adalah dokter yang berempati dengan pasiennya.  Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang berempati dengan rakyatnya.

You’ve got the point…

Hidup yang berhasil adalah hidup yang berempati dengan orang lain, rekan seperjalanan dalam kehidupan ini.

Kembali ke tragedi Bekasi itu.  Semoga dalam detik-detik yang menyedihkan itu, kedua anaknya mendapatkan kedamaian disamping ibundanya. Kita berdoa supaya ketiga orang yang menjadi korban ini sekarang sudah berada dalam kehangatan pelukan Sang Pencipta. Dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: