Sesama Wanita di Tempat Kerja

Mengapa wanita senang memusuhi rekan kerja sesama wanita di tempat kerja?

Tidak semua kita bisa bekerja profesional.  Tidak jarang seorang pekerja mengintimidasi atau memusuhi rekan kerjanya.  Disabotase dan dibuat supaya susah. Diperlakukan tidak baik.

Memang 60% tindakan tidak profesional ini dilakukan kaum Adam.  Tapi kaum pria itu tidak pilih bulu. Berbeda dengan wanita.  Riset menunjukkan, sekitar 70% sasaran sikap permusuhan seorang wanita itu adalah wanita lagi.

Ini sangat disayangkan.  Sudah bukan rahasia lagi bahwa di jaman modern (tapi purba) ini kaum pria mendominasi tempat kerja, sehingga tantangan kaum wanita untuk maju itu lebih berat.  Untuk bisa berhasil di perusahaan, tempat kerja, dan berbagai organisasi, wanita itu harus berjuang keras.  Lebih keras dari kaum pria.

Tapi sayangnya, justru sesama wanita yang paling sering menjatuhkan rekannya supaya tidak maju. Ada sikap-sikap memusuhi dan cukup kejam (menurut artikel riset itu lho). Ada sikap tidak mau menolong, tidak mau membuat gampang.

Memang tidak semua seperti itu. Tapi angka 70% itu mengejutkan. Dan ini menunjang desas-desus selama ini bahwa boss wanita itu cenderung memperlakukan anak buah wanita atau kolega nya dengan lebih keras dan tidak respek.

Mungkin ini naluri ya?

Jadi kalau anda wanita dan bekerja, mungkin anda harus ekstra hati-hati, ya.  Jangan sampai naluri seperti itu kemudian membuat kita tidak profesional. Apalagi terhadap sesama kaum Hawa yang sedang berjuang di tengah male dominated prehistoric society..


  1. Begitu ya ??
    Syukurlah, ibu-ibu di tempat kerja saya OK semua…😀

    • azrl

      @yani: Mereka pada menghindar nggak kerasa ya?🙂

  2. ho.. klo dosen-ke-mahasiswi yang notabene prodi ‘mayoritas wanita’ bagaimana yah? sepertinya perlu diselidiki..

  3. hihihi.. ga tau kenapa, klo saya sih kayaknya biasa2 aja tuh sama junior, tapi emg klo ke sesama perempuan jadi lebih keras. naluriah emang.

  4. @Pak Armein:
    Masa ? Saya menilai mereka OK, dan saya merasa sudah OK juga. Yang penting itu kan ?🙂

    @Peb:
    Dosen (wanita) vs Mahasiswi ?
    Menurut saya baik-baik saja. Karena konteksnya tidak sedang bersaing🙂

  5. bukan bersaing bu, tapi relasi superior-inferior.. di tempat yang wanita sebagai minoritas, mungkin jelas terlihat.. tetapi kalau wanita sebagai mayoritas.. bisa jadi hal seperti ini tidak bisa terlihat dari luar..

  6. kalo di tempat kerja si wanita lebih cenderung cari muka sama bos,, hahaha




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: