Menikmati Keajaiban

Mengapa orang jalan di atas permukaan air dianggap keajaiban?  Bukankah jauh lebih ajaib perjalanan kita di atas bumi?

Kalau sejak lahir kita sudah melihat orang berjalan di atas air, pasti kita tidak akan menganggapnya keajaiban, bukan?  Anak saya tidak pernah merasa heran dengan remote control TV.  Tinggal pencet dari jauh, channel berubah. Anak saya tidak pernah heran melihat ponsel.  Bisa bunyi suara mamanya, padahal mamanya ada di luar kota.

Saya yakin, dengan kemajuan teknologi, sebelum saya meninggal saya akan bisa berjalan di atas permukaan air.  Dengan sepatu khusus.  Kalau pesawat jumbo jet dengan berat beratus ton bisa terbang di udara, apalagi saya yang cuma 71 kg di atas permukaan air.

Jadi ajaib atau tidak ternyata hanya bergantung pada rule-of-thumb dalam pikiran kita.  Sesuatu yang sudah dibiasakan itu tidak dianggap ajaib.

Itulah sebabnya kita gagal melihat keajaiban di sekitar kita. Ada keajaiban otak kita.  Ada keajaiban tubuh kita.  Ada keajaiban hewan.  Tumbuhan. Lingkungan hidup. Matahari. Hujan.. Ah tidak sanggup saya menuliskan semua itu. Begitu banyak…

Rule of thumb, yakni kesadaran tanpa mikir, itu memang diperlukan untuk kegesitan kita dalam hidup.  Apalagi saat kita belum dewasa.  Belum terpelajar.

Tapi sekarang kita perlu belajar hidup lebih dalam dari rule of thumb.  Kita perlu melihat lebih dalam.  Kita perlu melihat keajaiban.  Kita perlu melihat dunia dari perspektif Sang Pencipta.

Kalau selubung mata kita sudah terbuka, kalau penutup pikiran kita sudah tersingkap, kalau jendela hati kita sudah berkembang, maka kita akan bisa menikmati begitu banyak keajaiban di muka bumi ini…




    Leave a Reply

