Wasting Time

Orang tidak produktif karena ia merasa apa yang harus dilakukan itu wasting time.

Dia mungkin tidak sadar.  Pekerjaan ditunda-tunda.  Bahkan dia malah mengerjakan hal lain yang lebih tidak urgen lagi.  Seperti nonton TV atau surfing Internet.

Sikap yang ogah-ogahan itu datang karena dia tidak merasa pekerjaan itu penting. Cuma buang waktu.

Memang benar. Kita sering buang-buang waktu.

Saran saya, apapun yang kita lakukan setiap hari, hendaknya berupa kombinasi investasi-kontribusi.

Dan ada lima jenis investasi (waktu, perhatian, oikiran, hati, uang, sumberdaya) yang harus anda lakukan.

  1. Investasi pada diri sendiri dan kekasih hati.  Traktir. Belikan baju bagus. Jaga kesehatannya. Belikan buku bacaan yang bagus-bagus.  Bunyikan musik yang indah pada kupingnya. Jalan-jalan ke Bali atau luar negeri. Sekolah lagi.
  2. Investasi pada anak-anak, dan generasi berikut. Beri dia perhatian. Beri kbutuhannya. Beri dia pendidikan. Jaga kesehatannya.  Berikan semangat. Ajarkan kebijaksanaan hidup. Ajarkan untuk mandiri. Bikin dia pintar dan cerdas.
  3. Investasi intangible. Tanamkan waktu, perhatian dan uang anda di organisasi, bisnis, dan relasi sosial. Dukung entreprenur dengan uang anda. Cari dan bayar ide-ide bagus untuk diimplementasikan. Cari dan pelihara sahabat dan teman. Aktif di badan keagamaan dan sosial. Tolong orang yang kesusahan.
  4. Investasi tangible.  Beli rumah, tanah, sawah, toko, franchise, emas, mobil, sepeda motor, komputer, internet, TV, stereo. Pokoknya barang-barang yang bisa menyimpan kekayaan anda tanpa terpengaruh ekonomi.
  5. Investasi lembaga keuangan. Kalau uang anda masih bersisa setelah melakukan semua investasi di atas baru anda pergi ke lembaga keuangan, pasar saham, obligasi, atau yang sejenis. Tanamkan sisa uang anda ke situ.

Nah anda sehari-hari ya mengerjakan lima hal itu saja ya. They are not wasting time.


  1. Setelah sekian waktu (berpuluh tahun) waktu dicurahkan untuk memikirkan anak-anak, saat pensiun saya punya waktu luang…

    Dan konyolnya, saya baru tahu semalam (saking jarang banget nonton TV), hahaha…ternyata TV saya bisa mengakses banyak sekali program TV, dari CNN, ABC, BBC, terus berbagai HBO (ternyata HBO ini bermacam-macam ya…ada yang China, Inggris dll bahasanya). Wahh langsung deh di depan TV, tapi dasar males (apalagi mesti pake kaca mata kalau nonton TV), jadi begitu selesai satu film langsung berhenti….masih enakan baca (karena ga pake kaca mata)




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: