Menjual Ide

Anda pernah punya ide bagus dan kreatif tapi di tolak orang lain? Lain kali jangan pusing dengan pendapat orang lain. Karena semakin kreatif ide anda, semakin otomatis orang menolaknya.

Ini alamiah sebenarnya. Semua orang sibuk dengan urusan masing-masing. Mana mikirin? Jadi ia sangat tidak tahu apa pikiran anda. Ia sangat tidak tahu apa aspirasi anda, cita-cita anda, apalagi jalan pikiran anda. Jadi mana bisa ia menilai ide anda itu.

Jauh lebih mudah baginya untuk mencari kekurangannya.

Apalagi orang biasanya tidak senang anda memiliki ide baru yang kreatif.  Karena ini akan  membuat anda lebih powerful. Membuat posisi tawar anda lebih tinggi.  Dan orang tidak suka. Mereka sudah terbiasa dan enak dengan posisi yang ada selama ini.

Menyadari hal ini, anda jadi harus lebih berhati-hati.  Kalau orang lain punya ide kreatif, jangan terburu nafsu mengkritiknya. Apalagi kalau orang itu kompetitor. Sebaliknya, ambil ide itu dan bawa lari. Langsung dijalankan sendiri.

Ide kreatif itu tidak selalu datang.  Ia berharga. Tapi tidak usah capek-capek harus meyakinkan orang lain atas ide itu. Nanti waktu habis hanya untuk berdebat tentang nilai dari ide tersebut.

You just have to execute the idea yourself.


  1. Hehehe…betul pak. Kalau punya ide kreatif jalankan sendiri. Tak punya modal? Cobalah dengan modal kecil dulu, sambil terus dibenahi ide tsb.
    Atau cari investor yang mau diajak kerjasama. Investor ini tak mudah, salah-salah bukannya berkembang, terkadang malah jadi berperkara…

  2. wah…
    “Menyadari hal ini, anda jadi harus lebih berhati-hati. Kalau orang lain punya ide kreatif, jangan terburu nafsu mengkritiknya. Apalagi kalau orang itu kompetitor. Sebaliknya, ambil ide itu dan bawa lari. Langsung dijalankan sendiri.”

    beberapa waktu lalu saya malah sharingkan ide kreatif saya dengan teman, berharap bisa jalankan bareng.
    namun, sampai saat ini masih belum bisa jalan karena sama-sama sibuk.
    wah… moga2 teman2 saya tidak membaca postingan ini.

    jangan sampe deh ide saya dibawa lari. jadi makin was-was…

    • fathur

      sama tuh mas, aq juga masih di minggu ini coba sharing ide dengan orang lain, mudah2an juga g sampe di bawa kabur idenya … he….




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: